Wirawan, Arkaan Fadhiilah (2025) Pemodelan Volume Kendaraan Parkir Kendaraan Pada Kawasan Ruko Di Ruas Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Kota Surabaya Berbasis Satuan Ruang Parkir (SRP). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5012211134-Undergraduate_thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, memiliki pertambahan penduduk yang relatif meningkat dari tahun ke tahun. Kawasan ruko pada ruas Jalan Dr. Ir. H. Soekarno MERR (Middle East Ring Road) Surabaya memiliki tingkat aktivitas komersial yang tinggi sehingga memunculkan kebutuhan ruang parkir yang semakin kompleks. Keterbatasan kapasitas parkir serta penggunaan badan jalan sebagai area parkir seringkali menyebabkan gangguan lalu lintas dan potensi kebocoran pendapatan retribusi parkir. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memodelkan volume parkir kendaraan berdasarkan kapasitas satuan ruang parkir (SRP) yang tersedia, sehingga dapat memberikan solusi manajemen parkir yang lebih efektif dan efisien. Studi yang pernah dilakukan oleh Kartika dkk. (2020) mempunyai hasil berupa prediksi pendapatan parkir pada model volume parkir, seluruh variabel bebas yang digunakan merupakan karakteristik parkir. Metode yang digunakan adalah survei lapangan untuk mengumpulkan data primer seperti tingkat okupansi parkir, durasi parkir, dan karakteristik penggunaan parkir serta mengumpulkan data sekunder kepada pengelola kawasan ruko guna mendapatkan jam operasioanal tiap ruko dan jumlah SRP di pada kawasan ruko. Analisis regresi linier ini digunakan untuk mengembangkan model hubungan antara volume kendaraan dengan ketersediaan SRP dan faktor pendukung lainnya. Pemodelan ini menggunakan regresi linear dengan variabel terikat berupa jumlah kendaraan parkir perharinya berdasarkan landuse ruko dengan variabel bebas X1 sebagai SRP dan X2 sebagai jam operasional dengan variabel independen Y adalah volume kendaraan parkir. Hasil yang didapat adalah Y=448,700 + 0,200X1 – 27,200X2 untuk mobil pada saat weekday, Y= 2992,425 – 0,013X1 – 181,175X2 untuk mobil pada saat weekend, Y= -930,860+1,220X1+60,960X2 untuk motor padaa saat weekday dan Y=401,220+0,310X1-21,420X2. Penelitian ini menunjukkan bahwa pola pengaruh SRP dan jam operasional berbeda menurut jenis kendaraan dan hari operasional. Hasil pemodelan ini dapat digunakan untuk kawasan ruko dengan jam operasional 15-16 jam dengan ketersediaan SRP pada rentang 50 kendaraan hingga 90 kendaraan untuk mobil dan untuk sepeda motor dengan ketersediaan SRP dari rentang 68 SRP hingga 250 SRP.
====================================================================================================================================
Surabaya, as one of the largest cities in Indonesia, has a relatively high population growth from year to year. The shophouse area on Jalan Dr. Ir. H. Soekarno MERR (Middle East Ring Road) Surabaya has a high level of commercial activity, giving rise to increasingly complex parking space needs. Limited parking capacity and the use of the road as a parking area often cause traffic disruptions and potential leakage of parking levy revenue. This study was conducted with the aim of modeling vehicle parking volume based on the available parking space unit capacity (SRP), thereby providing a more effective and efficient parking management solution. A study conducted by Kartika et al. (2020) resulted in parking revenue predictions in a parking volume model, where all independent variables used were parking characteristics. The method used was a field survey to collect primary data such as parking occupancy rates, parking duration, and parking usage characteristics. Secondary data was collected from shophouse area managers to obtain the operating hours of each shophouse and the number of SRPs in the shophouse area. This linear regression analysis was used to develop a model of the relationship between vehicle volume and SRP availability and other supporting factors. This modeling uses linear regression with the dependent variable in the form of the number of vehicles parked per day based on the land use of the shophouse with the independent variable X1 as SRP and X2 as operating hours with the independent variable Y being the volume of parked vehicles. The results obtained are Y = 448,700 + 0,200X1 – 27,200X2 for cars on weekdays, Y = 2992,425 – 0,013X1 – 181,175X2 for cars on weekends, Y = -930,860 + 1,220X1 + 60,960X2 for motorcycles on weekdays and Y = 401,220 + 0,310X1-21,420X2. This study shows that the influence pattern of SRP and operating hours differs according to vehicle type and operating day. The results of this modeling can be used for shophouse areas with operational hours of 15-16 hours with SRP availability in the range of 50 vehicles to 90 vehicles for cars and for motorbikes with SRP availability in the range of 68 SRP to 250 SRP.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model,Volume Parkir, Surabaya, Ruko, SRP, off-street parking,Model, Parking Volume, Surabaya, Shophouse, SRP, off-street parking. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE228.3 Intelligent transportation systems. T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Arkaan Fadhiilah Wirawan |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 10:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 10:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/122700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |