Rekayasa Ulang LMS Bahasa Inggris pada Sisi Backend dengan Menerapkan Arsitektur Microservice dan Bahasa Golang

Ramadhan, Syukra Wahyu (2025) Rekayasa Ulang LMS Bahasa Inggris pada Sisi Backend dengan Menerapkan Arsitektur Microservice dan Bahasa Golang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025211037-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025211037-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Inggris memegang peranan krusial sebagai bahasa global yang relevan di berbagai sektor vital seperti bisnis, teknologi, dan pendidikan. Pentingnya penguasaan bahasa ini mendorong pemanfaatan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) sebagai instrumen fundamental untuk mendukung pendidikan yang fleksibel dan aksesibel di era digital. Penelitian ini berfokus pada rekayasa ulang sebuah aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris dengan menerapkan arsitektur microservices. Proses rekayasa ulang ini melibatkan migrasi sistem backend dari yang semula menggunakan Java Spring Boot ke bahasa pemrograman Golang dengan Gin Web Framework. Pemilihan Golang bertujuan untuk meningkatkan performa dan efisiensi layanan. Selain transisi teknologi, pengembangan ini juga mencakup pengayaan fungsionalitas aplikasi. Sebuah fitur penugasan baru diintegrasikan sebagai bagian dari aktivitas pembelajaran untuk melengkapi modul yang sudah ada, seperti pembelajaran interaktif dan evaluasi kelas. Lebih lanjut, dilakukan pula modifikasi pada sistem evaluasi, yang diubah dari format esai menjadi soal pilihan ganda. Perubahan ini dirancang untuk meningkatkan objektivitas serta menyederhanakan proses penilaian bagi pengajar. Penelitian ini turut mengkaji tantangan yang muncul dalam perancangan arsitektur Microservices, terutama terkait integrasi antar-modul layanan yang beroperasi secara independen. Secara keseluruhan, tujuan penelitian adalah mengembangkan LMS yang unggul dalam modularitas, meningkatkan kinerja aplikasi melalui implementasi Golang, serta memperkaya fitur pembelajaran agar lebih adaptif terhadap kebutuhan pengguna. Hasil pengujian fungsional, seluruh fitur yang diuji berhasil berjalan dengan baik sesuai dengan skenario yang telah ditentukan. Dari total 36 skenario pengujian, seluruhnya menunjukkan hasil pass dengan tingkat keberhasilan 100%. Hal ini membuktikan bahwa sistem telah memenuhi seluruh kebutuhan fungsional yang ditetapkan dan siap digunakan pada tahap berikutnya.
==================================================================================================================================
English plays a crucial role as a global language that is relevant in various vital sectors such as business, technology, and education. The importance of mastering this language encourages the utilization of Learning Management System (LMS) as a fundamental instrument to support flexible and accessible education in the digital era. This research focuses on re-engineering an English learning application by applying microservices architecture. The re-engineering process involves migrating the backend system from Java Spring Boot to Golang programming language with Gin Web Framework. The selection of Golang aims to significantly improve service performance and efficiency. In addition to the technology transition, the development also included the enrichment of application functionality. A new assignment feature was integrated as part of the learning activities to complement the existing modules, such as interactive learning and class evaluation.Furthermore, modifications were made to the evaluation system, which was changed from an essay format to multiple-choice questions. This change was designed to increase objectivity and simplify the assessment process for teachers. This research also examines the challenges that arise in the design of microservices architecture, especially regarding the integration between service modules that operate independently.Overall, the research objectives are to develop an LMS that excels in modularity, improve application performance through Golang implementation, and enrich learning features to be more adaptive to user needs. Based on the results of functional testing, all tested features successfully ran as expected according to the predefined scenarios. Out of a total of 36 test scenarios, all resulted in a pass with a 100% success rate. This proves that the system has fulfilled all defined functional requirements and is ready to proceed to the next stage.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Golang, LMS, Microservices, Rekayasa Ulang. Golang, Learning Management System, Microservices, Reengineering.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syukra Wahyu Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:53
Last Modified: 29 Jul 2025 06:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/122754

Actions (login required)

View Item View Item