Preferensi Generasi Z terhadap Learning space dan Interior Perpustakaan Daerah

Rahmadita, Rizka Annisa (2025) Preferensi Generasi Z terhadap Learning space dan Interior Perpustakaan Daerah. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 6029231004-Mater_Thesis.pdf] Text
6029231004-Mater_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan daerah memiliki peran penting dalam menyediakan akses informasi dan sarana belajar bagi masyarakat. Di masa sekarang perpustakaan mengalami perubahan fungsi dari perpustakaan tradisional menjadi perpustakaan modern. Selain adanya perubahan fungsi, terdapat juga perubahan zaman, preferensi dan generasi yang mengunjungi perpustakaan. Perpustakaan perlu beradaptasi untuk tetap relevan, optimal, efektif dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran (sisipan tidak seimbang) dengan tahapan data kualitatif menggunakan metode observasi sweep seating selama 7 kali, wawancara dengan 5 orang narasumber pengguna perpustakaan, studi literatur dan data kuantitatif menggunakan penyebaran kuesioner kepada 26 orang generasi Z sebagai pelengkap data dalam penelitian. Penelitian yang dianalisis dengan analisis Miles, Huberman dan Saldana ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi generasi Z terhadap atribut learning space dan interior perpustakaan daerah serta diharapkan memberikan pemahaman mengenai pilihan, keputusan serta minat pengguna perpustakaan terhadap desain dan tempat belajar di perpustakaan daerah. Disamping itu, penelitian ini juga diharapkan memberikan wawasan dan panduan dalam merancang, mengelola, dan menyediakan sebuah perpustakaan daerah yang sesuai dengan preferensi generasi Z. Hasil penelitian mengenai preferensi generasi Z terhadap learning space dan interior perpustakaan daerah yang dilakukan di DISPERSIP Kalimantan Selatan menunjukkan bahwa perpustakaan DISPERSIP dikunjungi dikarenakan masih belum adanya tempat yang memiliki koleksi buku fisik yang lengkap dan suasana yang pas untuk belajar. Sebagian besar atribut learning space dan interior di DISPERSIP Kalimantan Selatan belum sepenuhnya sesuai atau optimal dengan preferensi generasi Z. Meskipun demikian, ada beberapa atribut learning space seperti aktivitas di lantai 2, perabot (meja dan kursi yang nyaman untuk jangka pendek), tata letak yang mudah dipahami dan fasilitas teknologi (Wi-Fi dan stop kontak) yang sudah sesuai dan mendukung kebutuhan dasar generasi Z. Meskipun fungsional, interior perpustakaan DISPERSIP belum memiliki konsep yang jelas, selaras dan belum mampu bersaing dengan tempat yang lebih modern dan tidak kaku. Selain itu, faktor seperti alasan kunjungan, bentuk kunjungan, dan fasilitas sangat berpengaruh terhadap preferensi generasi Z.
=================================================================================================================================
The Regional library plays an important role in providing access to information and learning facilities for the community. Nowadays, libraries have changed their function from traditional libraries to modern libraries. In addition to the change in function, there area also changes in times, preferences, and the generations that visit the library. Libraries need to adapt to remain relevant, optimal, effective, and engaging. This research was conducted using a mixed-methods approach (concurrent embedded design) with qualitative data stages using the sweep seating observation method conducted 7 times, interview with 5 library user informants, literature study, and quantitative data using questionnaires distributed to 26 Generation Z individuals as supplementary data in the research. This research, analyzed using the Miles, Huberman, and Saldana method, aims to identify Generation Z’s Preferences regarding the attributes of learning spaces and the interior of regional libraries, and is expected to provide an understanding of the choices, decisions, and interests of library users concerning the design and study areas in regional libraries. In addition, this research is also expected to provide insights and guidance in designing, managing, and providing a regional library that aligns with the preferences for learning spaces and the interior of regional libraries conducted at DISPERSIP Kalimantan Selatan show that the DISPERSIP library is visited because there is still no place with a complete collection of physical books and an atmosphere suitable for studying. Most learning space and interior attributes at DISPERSIP Kalimantan Selatan are not yet fully aligned or optimized with Generation Z’s preferences. However, some aspects such as activities on activities on the 2nd floor, furniture (Comfortable desks and chairs for short-term use), intuitive layout, and technology facilities (Wi-Fi and power outlets) already meet the basic needs of Generation Z. Although functional, the interior of the DISPERSIP library does not yet have a clear and cohesive concept and is unable to compete with more modern and less rigid places. In addition, factors such as the reason for the visit, the nature of the visit, and the facilities have a significant impact on the preferences of Generation Z.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Generasi Z, Tempat belajar, Interior, Perpustakaan daerah, Preference, Generation Z, Learning space, Interior, Regional library
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90021-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rizka Annisa Rahmadita
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:27
Last Modified: 31 Jul 2025 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/123194

Actions (login required)

View Item View Item