Laksita, Kaia Bethani (2025) Desain Pengalaman Makan Alat Makan Berbasis Tipe Kepribadian Keirsey pada Alat Makan Kayu Jati. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5028211055-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya pemahaman tentang gizi seimbang di Indonesia (hanya 4,5% populasi yang memenuhi rekomendasi dari WHO) serta potensi kayu jati sebagai bahan yang berkelanjutan menginspirasi terciptanya alat makan yang menggabungkan edukasi gizi dengan penyesuaian berdasarkan psikologi konsumen, terutama untuk Generasi Z yang menekankan pentingnya ekspresi identitas. Tujuannya untuk menghadirkan pengalaman makan yang unik melalui interpretasi tipe kepribadian Keirsey (Artisan, Guardian, Idealist, Rational) pada desain interaktif alat makan dari kayu jati yang mengubah cara konsumsi menjadi sarana untuk mengekspresikan diri. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan desain berbasis material dengan analisis literatur mengenai teori Keirsey untuk menggambarkan perilaku, eksperimen dengan kayu jati, wawancara mendalam dengan pengguna Generasi Z, dan pengembangan prototipe berdasarkan penyesuaian desain dengan representasi kepribadiannya. Penelitian ini mengembangkan pengalaman makan yang dipersonalisasi melalui interpretasi tipe kepribadian Keirsey, dalam desain interaktif alat makan yang terbuat dari kayu jati. Setiap tipe kepribadian diekspresikan dalam antarmuka perilaku tertentu: Artisan menggunakan piring yang tidak seimbang dan sendok tidak simetris untuk mendorong kreativitas dalam penyajian; Guardian memanfaatkan sekat kompartemen di piring dan sendok dengan tonjolan yang terkesan sebagai batasan untuk membantu pengaturan porsi secara otomatis; Idealist menciptakan harmoni emosional melalui pola riak air pada piring dan sendok dengan tonjolan seperti gelombang yang memandu gerakan menyendok secara melingkar; Rational menggunakan tekstur labirin pada permukaan piring, serta sendok yang terkesan seperti jalur untuk mendorong pengalaman makan dengan permainan strategis melewati jalur labirin. Desain ini mengubah alat makan dari benda yang semata-mata fungsional menjadi bagian yang lebih luas dari identitas, setiap interaksi menjadi perpanjangan dari kepribadian pengguna.
=======================================================================================================================================
The low understanding of balanced nutrition in Indonesia (only 4.5% of the population meets WHO recommendations) and the potential of teak wood as a sustainable material inspire the creation of tableware that combines nutritional education with consumer psychology-based customization, particularly for Generation Z, which emphasizes identity expression. The goal is to deliver a unique dining experience by interpreting Keirsey personality types (Artisan, Guardian, Idealist, Rational) into interactive teak wood dinnerware designs, transforming consumption into a means of self-expression. The methodology adopts a material-based design approach, involving literature analysis of Keirsey theory to map behaviors, teak wood experimentation, in-depth interviews with Generation Z users, and prototype development aligned with personality representations. This research develops personalized dining experiences through Keirsey personality interpretations in interactive teak wood dinnerware. Each personality type is expressed via distinct behavioral interfaces: Artisan employs unbalanced plates and asymmetrical spoons to encourage creative food arrangement; Guardian utilizes compartmentalized plates and spoons with boundary-like protrusions to automate portion control; Idealist fosters emotional harmony through water-ripple patterns on plates and wave-protruded spoons guiding circular scooping motions; Rational uses labyrinth-textured plates and path-resembling spoons to create a strategic dining experience of navigating maze-like pathways. This design transforms tableware from purely functional objects into extensions of identity, every interaction becomes an expression of the user’s personality.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Behavioral Interfaces, Dinnerware Personalization, Generation Z, Identity Expression, Keirsey Personality Types, Teak Wood, Antarmuka Perilaku, Ekspresi Identitas, Generasi Z, Kayu Jati, Personalisasi Alat Makan, Tipe Kepribadian Keirsey |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Kaia Bethani Laksita |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 09:18 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 09:18 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/124073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |