Ayusta, E. B. Susetyo (2025) Implementasi Value-Based Decision pada Pemilihan Metode Pelaksanaan Erection Girder di Jalan Tol Serbelawan - Pematang Siantar. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6032211236-Master_Thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan konstruksi jalan tol memiliki tantangan kontur yang berbukit dan perlintasan pada beberapa sungai, salah satunya pada pelaksanaan jalan tol Serbelawan - Pematang siantar, dimana terdapat pekerjaan erection girder jembatan pada sungai Bah Hapal di Station (STA) 47+300. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode terbaik untuk pelaksanaan erection girder pada Jembatan Bah Hapal di STA 47+300 dengan metode value-based decision yang membandingkan kriteria fungsi dan biaya. Penelitian ini akan menganalisis tiga alternatif metode erection girder yaitu metode launcher dengan gantry, service crane system dengan temporary bridge, dan metode kombinasi service crane system dengan temporary bridge dan launcher. Metode penelitian diawali dengan analisis faktor biaya dengan menghitung initial cost dan life cycle cost yang akan menentukan metode erection girder dengan biaya terendah. Kemudian dilakukan metode analytical hierarchy process (AHP) untuk mendapatkan normalisasi bobot dari analisis biaya sebagai kriteria finansial dengan analisis fungsi sebagai kriteria non finansial. Dari hasil normalisasi bobot, selanjutnya dilakukan analisis value-based decision yang akan menampilkan grafik perbandingan antara fungsi (function) dan biaya (cost) untuk memilih metode pelaksanaan dengan value (Function/Cost) >1. Metode pelaksanaan erection girder terbaik akan dipilih berdasarkan nilai tertinggi pada grafik tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan metode launcher dengan gantry sebagai metode terbaik untuk pelaksanaan erection girder jembatan pada Sungai Bah Hapal di STA 47+300 berdasarkan perbandingan kriteria fungsi dan biaya (F/C>1).
===================================================================================================================================
Toll road construction often faces challenges due to hilly terrain and multiple river crossings. One such case is the Serbelawan – Pematang Siantar toll road project, which includes a girder erection task for a bridge over the Bah Hapal River at Station (STA) 47+300. This study aims to determine the most suitable erection method for the Bah Hapal Bridge using a value-based decision approach by comparing function and cost criteria. Three erection alternatives are evaluated: (1) the launcher with gantry method, (2) the service crane system with a temporary bridge, and (3) a combination of the crane system, temporary bridge, and launcher. The research begins with a cost analysis by calculating both initial cost and life cycle cost to identify the most economical option. Then, the Analytical Hierarchy Process (AHP) is used to derive normalized weights, representing financial criteria from the cost analysis and non-financial criteria from the functional evaluation. These weights are used in a value-based decision analysis that generates a functionto-cost (F/C) comparison graph. The method with a value ratio greater than 1 is considered the most favorable. Based on this approach, the launcher with gantry method was found to be the most effective and efficient erection method for the Bah Hapal Bridge at STA 47+300.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analytical hierarchy process, erection girder, life cycle cost, metode pelaksanaan, value-based decision |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management |
Divisions: | Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT) |
Depositing User: | Ekki Bagus Susetyo Ayusta |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:50 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:50 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/124126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |