Modifikasi Protokol Routing PA-GPSR Dengan Penambahan Faktor Kecepatan Dan Arah Pada VANETs

Bagaskara, Aditya Eka (2025) Modifikasi Protokol Routing PA-GPSR Dengan Penambahan Faktor Kecepatan Dan Arah Pada VANETs. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6025211023-Master_Thesis.pdf] Text
6025211023-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan mobilitas yang meningkat pesat membuat kota-kota besar dipenuhi oleh kendaraan yang sangat banyak jumlahnya di jalanan, sehingga menyebabkan lalu lintas macet serta meningkatnya jumlah kecelakaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut teknologi komunikasi dan informasi dapat dimanfaatkan pada sarana transportasi pada sarana transportasi yang biasa disebut dengan Intelligent Transportation System (ITS). Salah satu metode komunikasi di ITS adalah Vehicular Ad Hoc Networks (VANETs). Desain dari protokol routing di VANETs sangat krusial karena topologi VANETs yang berubah-ubah dengan cepat. GPSR adalah protokol routing di VANETs yang menggunakan informasi posisi node untuk mengetahui posisi setiap node sehingga dapat memilih node tujuan dengan perantara node tetangga terdekat. Ada beberapa penelitian yang mengusulkan modifikasi dari GPSR untuk menyelesaikan kekurangannya, salah satunya adalah Path-Aware GPSR (PA-GPSR). Namun, PA-GPSR berpotensi mengalami jalur routing terputus dan harus mengulang pengiriman paket karena node forwarding terpilih bergerak menjauh dan keluar dari jangkauan. Di penelitian ini akan dibahas modifikasi dari PA-GPSR dengan menambahkan faktor kecepatan dan arah agar pemilihan node forwarding lebih akurat. Hasil pengujian menunjukkan metode yang diusulkan menunjukkan hasil packet loss rate yang lebih baik dari GPSR dan PA-GPSR.
==============================================================================================================================================
The rapidly increasing need for mobility has led to major cities being filled with a large number of vehicles on the roads, resulting in traffic congestion and a rise in the number of accidents. To address these issues, information and communication technology can be applied in transportation systems, commonly referred to as Intelligent Transportation Systems (ITS). One of the communication methods in ITS is Vehicular Ad Hoc Networks (VANETs). Designing routing protocols in VANETs is crucial due to their highly dynamic topology. GPSR is a routing protocol in VANETs that uses the position information of nodes to determine the location of each node and select the next-hop node that is geographically closest to the destination. Several studies have proposed modifications to GPSR to overcome its limitations, one of which is Path-Aware GPSR (PA-GPSR). However, PA-GPSR may still face issues such as broken routing paths and repeated packet transmissions when the selected forwarding node moves away and out of range. This study proposes a modification of PA-GPSR by incorporating speed and direction factors to improve the accuracy of forwarding node selection. Testing results show that the proposed method achieves a better packet loss rate compared to both GPSR and PA-GPSR.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Arah, GPSR , Greedy Forwarding, Kecepatan, VANETs
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Aditya Eka Bagaskara
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:45
Last Modified: 05 Aug 2025 03:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/124223

Actions (login required)

View Item View Item