Rifalda, Randi (2025) Analisis Tekno-Ekonomi Dan Desain PLTS Hybrid Untuk Program Dedieselisasi Di Pulau Nusa Penida. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6007231032-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya biaya operasional dan dampak lingkungan dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di daerah terpencil mendorong pemerintah Indonesia untuk melaksanakan program dedieselisasi, yaitu penggantian atau penggabungan sistem PLTD dengan sumber energi terbarukan. Salah satu wilayah yang menjadi fokus adalah Pulau Nusa Penida, bagian dari Provinsi Bali, yang terpisah dari jaringan kelistrikan Jawa–Bali. Saat ini, pasokan listrik di wilayah tersebut didominasi oleh PLTD dengan kapasitas 9,8 MW dengan kontribusi sebagian kecil dari PLTS pada siang hari. Seiring meningkatnya kebutuhan listrik, terutama untuk mendukung sektor pariwisata, pada tahun 2024 dibutuhkan tambahan pasokan dengan menyewa PLTD berkapasitas 8 MW sebagai solusi jangka pendek guna menghindari pemadaman listrik. Dengan kapasitas total PLTD menjadi 17,8 MW langkah ini menyebabkan peningkatan Biaya Pokok Produksi (BPP) listrik akibat tingginya konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tekno-ekonomi dan perancangan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid sebagai solusi jangka panjang untuk mendukung program dedieselisasi di Pulau Nusa Penida. Hasil simulasi yang dilakukan menggunakan perangkat lunak menunjukkan PLTS Hybrid yang paling optimal meliputi PLTS 18,6 MWp, baterai 36,4 MWh dan PLTD 9,8 MW. Konfigurasi ini menghasilkan Net Present Cost sebesar $195.466.300 dan biaya pokok produksi (BPP) sebesar $ 0,186/kWh. Desain PLTS Hybrid meliputi 34.444 modul dengan jumlah 85 array dan kebutuhan area 8,8 Ha dengan produksi energi sebesar 31,8 GWh dan performance ratio sebesar 0,8. Dengan tambahan PLTS Hybrid ini sistem kelistrikan Nusa Penida tidak memerlukan lagi PLTD sewa sebesar 8 MW.
===================================================================================================================================
The high operational costs and environmental impact of Diesel Power Plants (DPPs) in remote areas have prompted the Indonesian government to implement a dedieselization program, which involves replacing or integrating DPP systems with renewable energy sources. One focus area is Nusa Penida Island, part of Bali Province, which is separate from the Java–Bali electricity grid. Currently, the electricity supply in the region is dominated by DPPs with a capacity of 9.8 MW, with a small contribution from Solar Power Plants (SPPs) during the day. As electricity demand increases, especially to support the tourism sector, an additional 8 MW of DPP capacity was rented in 2024 as a short-term solution to prevent blackouts. With the total DPP capacity reaching 17.8 MW, this measure has led to an increase in the Cost of Electricity Production (CoP) due to high fuel consumption. Based on these conditions, this study aims to conduct a techno-economic analysis and design a Hybrid Solar Power Plant (Hybrid SPP) system as a long-term solution to support the dedieselization program on Nusa Penida Island. Simulation results using software show that the most optimal Hybrid SPP configuration includes an 18.6 MWp SPP, a 36.4 MWh battery, and a 9.8 MW DPP. This configuration yields a Net Present Cost of $195,466,300 and a Cost of Production (CoP) of $0.186/kWh. The Hybrid SPP design includes 34,444 modules with 85 arrays, requiring an area of 8.8 Ha, and producing 31.8 GWh of energy with a performance ratio of 0.8. With this additional Hybrid SPP, Nusa Penida's electricity system will no longer require the rented 8 MW DPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLTS, BESS, Dedieselisasi, Solar PV, Battery Energy Storage System (BESS), Dedieselization |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ810.5 Solar energy |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Randi Rifalda |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:59 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/124582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |