ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN DURASI CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG PADA ENGINE SINJAI 650 CC.

DARMAWANGSA, FIRMAN IFFAH (2016) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN DURASI CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG PADA ENGINE SINJAI 650 CC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100097-undergraduate thesis.pdf]
Preview
Text
2110100097-undergraduate thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan industri otomotif mengarah pada jaminan
kenyamanan saat dikendarai dengan menghasilkan unjuk kerja
yang tinggi, konsumsi bahan bakar rendah, getaran dan emisi gas
buang yang rendah. Salah satu parameter yang mempengaruhi
adalah besarnya pasokan udara pembakaran kedalam ruang
bakar. Dimana hal ini diatur oleh mekanisme camshaft melalui
buka-tutup katup pemasukan dan katup pembuangan.Peran dari
camshaft sangatlah penting, diantaranya sebagai penentu waktu
pembukaan katup, mengatur lamanya durasi pembukaan katup,
menentukan lamanya durasi overlap katup masuk dan katup
buang, serta merupakan komponen utama dari mekanisme valvetrain.
Penambahan durasi camshaft menyebabkan pasokan udara
yang bertambah pada putaran tinggi, sebaliknya pada putaran
rendah pasokan udara menjadi berkurang. Penelitian ini ingin
mengetahui pengaruh penambahan durasi camshaft terhadap
unjuk kerja engine utamanya pada putaran tinggi.
Penelitian ini dilakukan pada engine 4 langkah 2 silinder inline
SINJAI 650cc Single Overhead Camshaft (SOHC) sistem
Port Injection dengan fokus pengoperasian pada putaran tinggi.
Variasi durasi akan dilakukan pada kedua cam, yakni cam katup
masuk dan cam katup buang. Dimana variasi durasi akan dibagi
menjadi 248° (standar), 254°, 260°, 266°, 272° dan 278°.
Penambahan durasi dilakukan secara simetris 3° poros engkol
sebelum katup membuka dan setelah katup menutup sehingga
tidak ada perubahan pada Lobe Separation Angel (LSA). Metode
penelitian ini menggunakan dua tahapan, metode simulasi
kemudian metode eksperimen. Untuk mengetahui pengaruh dari
variasi durasi camshaft terhadap unjuk kerja engine, terlebih
dahulu akan dilakukan simulasi menggunakan software LOTUS
Engine Simulation. Variasi durasi camshaft yang menunjukkan
hasil unjuk kerja terbaik dari simulasi akan difabrikasi dan
diaplikasikan pada engine SINJAI 650cc SOHC Port Injection.
Kemudian akan dilakukan pengujian eksperimental untuk
membandingkan hasil unjuk kerja camshaft standar dengan
camshaft terbaik hasil dari simulasi software LOTUS Engine
Simulation.
Dari hasil simulasi menggunakan LOTUS Engine Simulation
pada engine SINJAI 650 cc SOHC port injection, diperoleh
durasi camshaft terbaik 260° pada putaran tinggi. Dengan
peningkatan torsi 0.908%, daya 0.908%, bmep 0.908%, efisiensi
thermal 0.626%, efisiensi volumetris 1.003% dan penurunan bsfc
0.252%, dari camshaft standar 248° pada putaran tinggi .
Menurut hasil eksperimen, perbandingan unjuk kerja dari durasi
camshaft 248° dan 260°, terjadi peningkatan torsi 5.53%, daya
5.53%, bmep 5.53%, efisiensi thermal 14.58%, efisiensi
volumetris 2.04% dan penurunan bsfc 17.905%, emisi CO
5.183%, serta emisi HC 7.578%. Dari seluruh penelitian
menggunakan metode simulasi dan metode eksperimen terhadap
durasi camshaft, dapat diketahui bahwa camshaft durasi rendah
menghasilkan unjuk kerja yang lebih besar pada putaran rendah
namun buruk pada putaran tinggi, dan sebaliknya camshaft
durasi tinggi menghasilkan unjuk kerja yang baik pada putaran
tinggi namun buruk pada putaran rendah.

Development of the auto industry led to the guarantee of
comfort when ridden by generating a high performance, low fuel
consumption, vibration and low exhaust emissions. One of the
parameters that affect is the size of the combustion air supply into
the combustion chamber. Where it is regulated by the mechanism
of opening and closing the valve through the camshaft intake and
the exhaust valve. The role of the camshaft is extremely
important, such as timers, set the valve opening duration the
duration of the opening of the valve, to determine the length of the
duration of the overlap of incoming and exhaust valve valve, and
is a major component of the mechanism of the valve-train. The
addition of duration camshaft causes increased air supply on the
round high, otherwise on the round low air supply be reduced.
This research would like to know how the addition of duration
camshaft against the main engine performance at high round.
The research was done on the engine 4 step 2-cylinder inline
SINJAI 650cc Single Overhead Camshaft (SOHC) system of
the Injection Port with a focus on high-rotation operation.
Variation in duration will be conducted on both cam, namely cam
valve exhaust valve and cam's entrance. Where the duration of
the variation will be subdivided into 248 ° (standard), 254°, 260°,
266°, 272 ° and 276 °. The addition of duration carried out
symmetrically 3 ° crankshaft before the valve opens and closes
the valves after so there is no change in the Lobe Separation
Angel (LSA). This research method using two stages of simulation
method, then the method of experimentation. To know the
influence of the variation of duration camshaft against the
performance engine, the first to be performed using simulation
software LOTUS Engine Simulation. Variations of duration
camshaft which showed the best performance of the simulation
will be fabricated and applied to the engine SINJAI 650cc SOHC
Port Injection. Then the experimental testing will be done to
compare the performance of the standard with the best camshaft
the camshaft results from simulations of the LOTUS Engine
Simulation software.
Results from simulations using LOTUS Engine Simulation
on engine SINJAI port injection SOHC 650 cc, obtained the best
camshaft 260° duration at high rpm. With the increased torque
0.908%, power 0.908%, bmep 0.908% thermal efficiency, 0.626%
efficiency, volumetris and loss of 1.003% bsfc 0.252%, from
standard camshaft 248 ° at high rpm. According to the
experimental results, performance comparisons of duration
camshaft 248 ° and 260°, an increase in torque 5.53% 5.53%,
power, bmep 5.53%, 16% thermal efficiency, efficiency
volumetris 2.04% and a decrease in emissions of bsfc 17.905%
CO 5.183%, and emissions of HC 7.578%. From all the research
using the method of simulation and experimental methods against
duration camshaft, can note that with low-duration camshaft yield
greater performance on a low rpm but poor at high rpm, and a
rather high-duration camshaft produces a good performance at
high rpm but poor on low rpm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.253 Dar a
Uncontrolled Keywords: durasi camshaft, putaran tinggi, lotus engine simulation, sinjai, sohc, duration camshaft, high rpm, lotus engine simulation, Sinjai, SOHC.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 03:07
Last Modified: 26 Dec 2018 07:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item