ASRININGPURI, PRASANTI (2016) REDEFINISI PROSES BISNIS PLANT MAINTENANCE BERDASARKAN BEST PRACTICE ERP SAP(STUDI KASUS PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5212100126-Undergraduate_Theses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
PT Perkebunan Nusantara XI merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi gula dari bahan dasar tebu. Proses produksi gula dilakukan setiap hari oleh perusahaan selama masa giling. Untuk melaksanakan proses bisnis produksi tersebut diperlukan objek teknis yang menunjang seperti mesin, peralatan dan sistem teknis. Seringkali, dalam proses produksi tersebut, objek teknis mengalami cacat atau kerusakan sehingga menyebabkan proses bisnis pada perusahaan tersebut terhenti sementara bahkan terhenti total secara keseluruhan. Hal tersebut menyebabkan adanya penurunan tingkat kualitas produktivitas hasil produksi perusahaan dan menyebabkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih banyak atau bahkan melebihi dari anggaran seharusnya. Sehingga perlu dilakukan proses bisnis plant maintenance. Sebagai perusahaan yang akan mengimplementasikan ERP SAP pada perusahaan, proses bisnis plant maintenance yang telah diterapkan oleh perusahaan saat ini mungkin saja berbeda plant maintenance berdasarkan SAP, sehingga perlu dilakukan redefinisi proses bisnis (to be). Metode yang digunakan dalam redefinisi proses bisnis mencakup tahap persiapan, tahap pengumpulan data, tahap pemodelan proses bisnis dan tahap analisis model proses bisnis. Luaran dari penelitian ini adalah model proses bisnis yang saat ini diterapkan perusahaan (as is) dan model redefinsi proses bisnis (to be) dan daftar analisis kesenjangan yang berupa deskripsi perubahan dan dampak yang terjadi ketika perusahaan mengimplementasi ERP SAP. Model proses bisnis tersebut akan digambarkan dengan menggunakan perangkat lunak ARIS dan dilakukan verifikasi langsung kepada perusahaan serta validasi kebenaran struktur model dengan simulasi pada ARIS. Model proses bisnis as is menghasilkan 20 model yang didalamnya telah mencakup 8 proses inti, sub proses berserta aktivitasnya. Sedangkan model proses bisnis to be menghasilkan 17 model. Untuk verfikasi model as is dilakukan wawancara langsung dengan perusahaan sedangkan model to be dilakukan dengan menggunakan checklist. Sedangkan validasi kedua model tersebut telah berhasil dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak ARIS Sedangkan hasil dari analisis kesenjangan diidentifikasi dengan menggunakan daftar analisis kesenjangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ERP(Enterprise Resource Planning), SAP(System Application and Product), Plant Maintenance (PM), Analisis Kesenjangan, Proses Bisnis, Pemodelan Proses Bisnis |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Fandika aqsa |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 02:51 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 03:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/1251 |
Actions (login required)
View Item |