Herlambang, Andre Valentino Ar Raffi (2025) Perancangan Kampanye Self-Acceptance Sebagai Media Edukasi Pentingnya Pengenalan Diri Dan Dampaknya Bagi Kesehatan Mental Untuk Remaja. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
08511940000012-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Masa remaja, khususnya remaja akhir usia 18-22 tahun merupakan fase penting dalam proses pencarian jati diri. Pada masa ini, individu mengalami berbagai perubahan dari segi psikologis, sosial, dan emosional yang membuat mereka rentan terhadap krisis identitas dan rendahnya penerimaan diri (self-acceptance). Self-acceptance atau penerimaan diri merupakan hal yang penting bagi remaja dalam membangun kesehatan mental yang positif, dengan adanya penerimaan diri, mereka dapat mengetahui dan memahami akan kelebihan juga potensi yang dimiliki serta paham bagaimana untuk menggunakan dan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki sebagai cara mengembangkan potensi diri. Kurangnya penerimaan diri mengakibatkan individu beranggapan bahwa dirinya kurang berguna, kurang berharga dan ketidakmampuan menyesuaikan diri lainnya yang nantinya akan berakibat buruk pada kesehatan mental individu dan dapat menyebabkan gejala stress, cemas, hingga depresi. Berdasarkan hal tersebut, dirancanglah kampanye edukatif dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri melalui pendekatan aplikatif, yaitu praktik mindfulness dan journaling dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam perancangan kampanye ini dilakukan beberapa metode penelitian, yaitu Studi literatur tentang topik, penerimaan diri, mindfulness, journaling, dan kampanye. Studi existing dan studi komparator terhadap kampanye sejenis untuk memperluas wawasan dan menambah referensi. Kuesioner untuk mendapatkan data terkait dari target audiens. Depth interview terhadap stakeholder dan narasumber terkait. Studi eksperimental untuk menentukan konsep serta kriteria desain, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi hasil dari desain yang telah dibuat.
Tujuan dari perancangan kampanye ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan juga mengedukasi remaja terhadap pentingnya mengenali diri agar dapat mengetahui kelebihan serta potensi yang dimiliki sehingga dapat lebih menerima dan mencintai diri mereka sendiri dan dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Media yang di implementasikan dalam kampanye ini yaitu melalui media sosial, poster interaktif, pop-up booth, guided journal, dan merchandise
========================================================================================================================
Late adolescence, especially between the ages of 18-22, is a crucial phase for forming one’s identity. During this stage, individuals experience various psychological, social, and emotional changes that can make them vulnerable to identity crises and low self-acceptance. Self-acceptance is essential for adolescents to build positive mental health. By accepting themselves, they can better understand their strengths and potential. This understanding allows them to use those strengths for their growth. A lack of self-acceptance can lead individuals to feel unworthy or incapable, which can harm their mental health and lead to stress, anxiety, or even depression. In response of these issues, this campaign is designed as an educational media aimed at increasing understanding and promote self-acceptance through practical approaches, like mindfulness and journaling in daily life.
The design process includes several research methods. These methods consist of literature reviews on self-acceptance, mindfulness, journaling, and campaign. Case studies and comparisons with similar campaigns for broader insights and references. Questionnaires to gather relevant data from the target audienc. In-depth interviews with stakeholders and experts to provide further context. Experimental studies to help shape the conceptual direction and design criteria, followed by evaluations of the final outcomes.
The main goal of this campaign is to raise awareness and educate adolescents about importance of self-acceptance, so it can help them identify their strengths and potential, leading to better self-acceptance and self-love that they can apply in their everyday lives. The campaign is implemented through various media platforms, including social media, interactive posters, pop-up booths, guided journals, and merchandise.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye, Self-Acceptance, Mindfulness, Journaling, Remaja, Campaign, Self-Acceptance, Mindfulness, Journaling, Adolescents |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Andre Valentino Ar Raffi Herlambang |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:24 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:24 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/125291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |