Adnan, Dzulfikar (2025) Analisis Vehicle Stability berdasarkan Standar ISO 3888 pada Mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV) menggunakan Software MATLAB Vehicle Dynamics Blockset. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5007211147-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah adanya efek pada perubahan kecepatan dan distribusi beban pada mobil penumpang ketika berbelok. Analisa ini difokuskan pada vehicle stability yang bersangkutan pada keselamatan dan kenyamanan berkendara, dimana dua fenomena yang digunakan untuk menentukan apakah mobil tersebut stabil atau tidak adalah understeer dan oversteer. Penelitian dilakukan pada dua mobil yang berbeda generasi, yaitu Toyota Avanza 2013 dengan Toyota Avanza 2021 dimana kedua mobil ini memiliki jenis konfigurasi chassis berbeda yaitu meliputi jenis chassis, layout mesin, layout transmisi, jenis penggerak, dan jenis drivetrain. Toyota Avanza 2013 dan Toyota Avanza 2021 dipilih karena merupakan salah satu mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang paling laris di Indonesia. Penelitian ini dilakukan secara simulasi menggunakan MATLAB Vehicle Dynamics Blockset dengan standar ISO 3888 mengenai Double Lane Change. Setelah dilakukan simulasi, didapatkan bahwa Toyota Avanza 2013 mengalami skid sebanyak 8x dan roll sebanyak 1x, sedangkan Toyota Avanza 2021 mengalami skid yang lebih sedikit yaitu 7x dan tidak mengalami roll. Belokan yang paling sering terjadinya skid yaitu pada belokan ke-3 dan ke-3 sehingga menjadi belokan kritis. Menggunakan perhitungan Static Stability Factor atau SSF, didapatkan bahwa Toyota Avanza 2021 lebih resistan terhadap roll. Adapun analisis tambahan menggunakan yaw angle dimana pada Toyota Avanza 2021 memiliki yaw angle yang lebih kecil. Berdasarkan hasil simulasi dan analisis data yang telah dilakukan, terbukti bahwa Toyota Avanza 2021 memiliki dinamika berkendara yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya yaitu Toyota Avanza 2013, hal ini diberkati oleh platform baru yaitu Daihatsu New Global Architecture atau DNGA yang lebih berfokuskan ke kenyamanan tanpa mengorbankan rasa berkendara mobil. Secara keseluruhan, konfigurasi chassis pada Toyota Avanza 2021 sudah mengalami perubahan yang sangat drastis, mulai dari bedanya jenis chassis, layout mesin dan transmisi, jenis penggerak, jenis suspensi, hingga dimensi yang berubah total. Adanya perbedaan konfigurasi chassis ini merupakan faktor utama mengapa Toyota Avanza 2021 bisa memiliki rasa berkendara yang meningkat dibandingkan dengan Toyota Avanza 2013 dengan platform U-IMV.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konfigurasi Chassis, Oversteer, Understeer, Vehicle Dynamics Blockset, Vehicle Stability. Chassis Configurations, Oversteer, Understeer, Vehicle Dynamics Blockset, Vehicle Stability. |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Dzulfikar Adnan |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/125431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |