Parestri, Kartikaratri Dewi (2025) Pengembangan Kerangka Penerapan Lean Education Pada Kegiatan Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.
![]() |
Text
6010231004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran praktik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran yang krusial dalam mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia industri. Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan berbagai pemborosan (waste) yang berdampak pada efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Untuk menerapkan lean pada kegiatan pembelajaran di SMK memerlukan kerangka untuk memandu penerapan. Kerangka Lean Education yang telah diusulkan oleh para peneliti hingga saat ini khusus untuk perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas (SMA), namun belum ada untuk SMK. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka penerapan Lean Education dalam kegiatan pembelajaran di SMK guna membantu SMK dalam penerapan lean. Metodologi yang digunakan untuk pengembangan keranganka Lean Education mencakup studi literatur, Focus Group Discussion (FGD), wawancara dengan para ahli, serta pendekatan Interpretive Structural Modeling (ISM) untuk menyusun hubungan hirarkis antar tahap implementasi. Kerangka yang dihasilkan terdiri dari tiga tahap utama, yaitu tahap pre-implementasi, tahap implementasi, dan tahap post-implementasi, yang disusun berdasarkan identifikasi tahapan detail dan keterkaitannya. Validasi dilakukan dengan melibatkan pakar dari berbagai latar belakang, termasuk kepala sekolah, pengawas sekolah, dan akademisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka yang dikembangkan tidak hanya mengakomodasi pendekatan teknis lean seperti yang dilakukan dalam penelitian terdahulu, tetapi juga melengkapinya dengan tahapan strategis dan operasional yang lebih luas. Hal ini menjadikan kerangka ini lebih siap untuk diimplementasikan secara menyeluruh di lingkungan sekolah, terutama dalam konteks SMK yang memiliki kompleksitas lebih tinggi dalam hal pembelajaran praktik dan manajemen sumber daya
================================================================================================================================
Practical learning in Vocational High Schools (SMK) plays a crucial role in preparing students for the industrial world. However, its implementation still involves various wastes that impact the effectiveness and efficiency of learning. Implementing lean in learning activities in vocational high schools requires a framework to guide implementation. The Lean Education framework proposed by researchers to date is specifically for universities and senior high schools (SMA), but does not yet exist for vocational high schools. Therefore, this study aims to develop a framework for implementing Lean Education in learning activities in vocational high schools to assist vocational high schools in implementing lean. The methodology used to develop the Lean Education framework includes literature studies, Focus Group Discussions (FGDs), interviews with experts, and an Interpretive Structural Modeling (ISM) approach to establish hierarchical relationships between implementation stages. The resulting framework consists of three main stages: pre-implementation, implementation, and post-implementation, which are structured based on the identification of detailed stages and their interrelationships. Validation was carried out by involving experts from various backgrounds, including school principals, school supervisors, and academics. The research results show that the developed framework not only accommodates the technical lean approach employed in previous research but also complements it with broader strategic and operational phases. This makes the framework more readily available for comprehensive implementation in school settings, particularly in the context of vocational high schools (SMK), which face greater complexity in terms of practical learning and resource management
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lean Education, Pemborosan, SMK, Kerangka kerja lean, ISM; Lean Education, Waste, Vocational High School, Lean framework, ISM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Kartikaratri Dewi Parestri |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:01 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/126288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |