Putra, Safri Gusriadi (2025) Analisis Head Pompa Booster Pada Kapal Penumpang Terhadap Sistem Pasokan Air Bersih Di Setiap Kompartemen Dengan Metode CFD. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5019211036-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pompa booster pada sistem pasokan air bersih di kapal penumpang dengan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Kapal yang menjadi objek studi memerlukan distribusi air bersih yang andal untuk memenuhi kebutuhan kru dan penumpang selama pelayaran. Perhitungan manual dilakukan untuk menentukan kebutuhan air bersih dan total head yang dibutuhkan pompa, sementara simulasi CFD digunakan untuk mengevaluasi performa tekanan (head) pada berbagai variasi RPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total head yang dibutuhkan untuk sistem adalah 17,53 meter, dimana head statis 10 meter . Berdasarkan simulasi, variasi RPM antara 1300 hingga 1450 menghasilkan tekanan yang tinggi dan stabil, menjadikannya sebagai rentang kecepatan putar optimal. Pendekatan numerik ini terbukti efektif dalam merancang sistem distribusi air yang efisien dan stabil di lingkungan maritim.
======================================================================================================================================
This study aims to analyze the performance of a booster pump in the freshwater supply system on a passenger ship using the Computational Fluid Dynamics (CFD) method. The ship under study requires a reliable distribution of freshwater to meet the needs of the crew and passengers during the voyage. Manual calculations were carried out to determine the freshwater demand and the total head required by the pump, while CFD simulations were used to evaluate head performance across various RPM values. The results show that the total head required for the system is 17.53 meters, with a static head of 10 meters. Based on the simulation, RPM variations between 1300 and 1450 produce high and stable pressure, making this range the optimal rotational speed. This numerical approach has proven effective in designing an efficient and stable freshwater distribution system in maritime environments.
Actions (login required)
![]() |
View Item |