Redesain Kampanye "Indonesia Spice Up the World" sebagai Pendukung Gastrodiplomasi Indonesia

Nararya, Aqila Raina (2025) Redesain Kampanye "Indonesia Spice Up the World" sebagai Pendukung Gastrodiplomasi Indonesia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5030211009-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5030211009-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang melimpah dengan beragam jenis makanan dari berbagai daerah. Sebagai bentuk strategi soft power, pemerintah Indonesia meluncurkan program Indonesia Spice Up The World (ISUTW) untuk mempromosikan kuliner nasional secara global. Selama kampanye berjalan, ISUTW lebih berorientasi pada ekspansi industry makanan dalam aspek ekonomi. Padahal, gastrodiplomasi didefinisikan sebagai metode holistik dimana kuliner diperkenalkan secara menyeluruh untuk membangun pemahaman budaya melalui nilai, sejarah, dan identitas suatu negara. Hal ini belum tersampaikan secara optimal pada pelaksanaan kampanye ISUTW. Maka, untuk mengoptimalkan hal tersebut, diperlukan redesain kampanye sehingga nilai budaya di balik kuliner Indonesia dapat tersampaikan kepada masyarakat internasional. Perancangan ini disusun melalui pendekatan kualitatif, dengan tahap awal studi literatur untuk mendukung latar belakang masalah, mendalami gastrodiplomasi sebagai topik perancangan,mengkaji kampanye sebagai strategi komunikasi dan visual, studi eksisting, dan studi komparator terhadap kampanye sejenis. Selanjutnya dilakukan depth interview dengan stakeholder guna memahami konteks dan kebutuhan kampanye ISUTW, serta depth interview dengan target audiens untuk menggali persepsi, pemahaman, dan perilaku mereka terhadap topik yang diangkat. Data yang terkumpul diolah dalam tahapan eksperimental untuk merumuskan big idea serta mengembangkan strategi komunikasi, media, dan visual. Tahap evaluasi dilakukan melalui validasi oleh stakeholder dan ahli, serta user testing untuk mendapatkan masukan dari target audiens. Implementasi luaran media yaitu video ads, mobile- based website, aktivasi acara, dan merchandise yang disusun berdasarkan strategi komunikasi. Perancangan bertujuan agar kampanye ISUTW tersampaikan lebih optimal dengan memanfaatkan kekayaan kuliner Indonesia sebagai aset soft power untuk mendukung gastrodiplomasi. Diharapkan dengan kampanye ini kuliner Indonesia dapat dikenal oleh masyarakat internasional secara menyeluruh termasuk nilai budayanya.
==================================================================================================================================
Indonesia has a rich culinary heritage with a wide variety of dishes from various regions. Aspart of soft power strategy, the Indonesian government launched the Indonesia Spice Up theWorld (ISUTW) campaign to promote Indonesian cuisine globally. During the campaign,ISUTW has been focused on expanding the food industry from the economic aspect. In contrast,gastrodiplomacy is defined as a holistic approach where food is introduced comprehensively toshare cultural understanding through value, history, and national identity, which has yet to be fully conveyed in the ISUTW campaign. To address this, a campaign redesign is needed toensure that the cultural value behind Indonesian cuisine can be communicated more effectivelyto international audience.The campaign project uses qualitative approach with literature review to analyze the problem,focusing on gastrodiplomacy as the topic, and examine campaigns as a form of visualcommunication strategy. This project includes the study of existing cases and comparablecampaigns. In-depth interviews were conducted with stakeholders and target audience tounderstand the context and needs for the ISUTW, while gaining insights about their perceptions,understanding, and behavior regarding the topic. The collected data informed an experimentalstep that led to the formulation of a big idea and the development of communication, media,and visual strategies. The evaluation stage involved validation by stakeholders and experts,followed by user testing to gather feedback from the target audience. The campaign isimplemented through media outputs including video ads, mobile-based website, eventactivation, and merchandise.This project aims to optimize the ISUTW campaign by utilizing Indonesia’s culinary heritageas a soft power asset to support gastrodiplomacy. Through this, Indonesian cuisine is expectedto be recognized by international audiences and the cultural values within it.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: gastrodiplomasi, ISUTW, kampanye, kuliner, redesain. campaign, culinary, gastrodiplomacy, ISUTW, redesign.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aqila Raina Nararya
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:44
Last Modified: 04 Aug 2025 02:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/126611

Actions (login required)

View Item View Item