Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Pada Beberapa Ruas Jalan Di Kawasan Kota Gresik

Abdillah, Faisal (2025) Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Pada Beberapa Ruas Jalan Di Kawasan Kota Gresik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111840000118-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111840000118-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah strategis di Provinsi Jawa Timur yang berperan penting dalam aktivitas perdagangan dan perekonomian Pulau Jawa. Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya turut mendorong lonjakan jumlah kendaraan bermotor di wilayah ini. Kondisi tersebut memicu berbagai permasalahan lalu lintas, terutama kemacetan dan meningkatnya angka kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecelakaan lalu lintas di kawasan Kota gresik dengan fokus pada ruas jalan kabupaten. Data yang digunakan sepenuhnya bersumber dari data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, mencakup data LHR dan data kecelakaan lalu lintas tahun 2022 hingga 2024. Metode analisis yang diterapkan meliputi perhitungan Accident Rate, identifikasi titik rawan kecelakaan menggunakan Z-Score, penentuan titik Black Spot menggunakan Cumulative Sum Control Chart, visualisasi pola kecelakaan pada lokasi Black Spot menggunakan Collision Diagram, dan analisis ekonomi kecelakaan menggunakan pendekatan The Gross Output Human Capital, serta perumusan solusi perbaikan yang dapat diterapkan pada titik-titik prioritas. Berdasarkan hasil analisis memperlihatkan bahwa angka kecelakaan tertinggi (Accident Rate) pada tahun 2022 sampai 2024 untuk ketegori meninggal dunia, luka berat dan luka ringan adalah ruas Jalan Pahlawan. Daerah rawan kecelakaan (Black Site) terbesar terjadi pada ruas Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo. Cusum (Cumulative Sum Control Chart) dari tahun 2022 sampai 2024 tertinggi juga terjadi pada jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo. Hasil visualisasi Collision Diagram memperoleh jumlah kejadian kecelakaan terbanyak pada STA 1+500 – STA 1+600 dengan jenis tabrakan meliputi tabrak dari belakang, tabrak dari samping, tabrak pejalan kaki, dan hilang kendali. Total biaya korban kecelakaan berdasarkan metode Gross Output Human Capital pada 10 ruas jalan kebupaten di kawasan Kota Gresik yakni pada tahun 2022 sebesar Rp 13.143.354.586, pada tahun 2023 sebesar Rp 11.528.718.506 dan pada tahun 2024 sebesar Rp 14.951.147.581 serta solusi alternatif penanganan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas adalah dengan melakukan pemasangan rambu peringatan. Temuan penelitian ini juga memiliki kaitan erat dengan agenda global pembangunan berkelanjutan, khususnya SDGs poin 11, yaitu menciptakan kota dan permukiman yang aman, inklusif, dan berkelanjutan. Salah satu target dari tujuan tersebut adalah menyediakan sistem transportasi yang aman dan mudah diakses untuk semua orang. Dengan mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan serta merumuskan solusi penanganan berbasis data, penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan keselamatan transportasi di kawasan perkotaan.
=============================================================================================================================================
Gresik Regency is a strategic area in East Java Province that plays a vital role in trade and economic activities on the island of Java. Annual population growth has led to a surge in the number of motorized vehicles in the region. This situation has triggered various traffic problems, particularly congestion and an increasing number of accidents. This study aims to analyze traffic accidents in the Gresik City area, focusing on regency roads. The data used are entirely sourced from secondary data obtained from relevant agencies, including LHR data and traffic accident data from 2022 to 2024. The analytical methods applied include calculating the Accident Rate, identifying accident-prone points using the Z-Score, determining Black Spot points using the Cumulative Sum Control Chart, visualizing accident patterns at Black Spot locations using the Collision Diagram, and analyzing accident economics using the Gross Output Human Capital approach, as well as formulating improvement solutions that can be applied to priority points. The analysis results show that the highest accident rate from 2022 to 2024 for the categories of fatalities, serious injuries, and minor injuries is on Jalan Pahlawan. The largest accident-prone area (Black Site) occurred on Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo. The highest Cusum (Cumulative Sum Control Chart) from 2022 to 2024 also occurred on Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo. The Collision Diagram visualization results obtained the highest number of accidents at STA 1+500 – STA 1+600 with types of collisions including rear-end collisions, side-impact collisions, pedestrian collisions, and loss of control. The total cost of accident victims based on the Gross Output Human Capital method on 10 regency roads in the Gresik City area was Rp 13,143,354,586 in 2022, Rp 11,528,718,506 in 2023 and Rp 14,951,147,581 in 2024 and an alternative solution to minimize traffic accidents is to install warning signs. The findings of this study are also closely linked to the global sustainable development agenda, particularly SDG 11, which aims to create safe, inclusive, and sustainable cities and human settlements. One of the targets of this goal is to provide a safe and accessible transportation system for all. By identifying accident-prone locations and formulating data-driven solutions, this research makes a significant contribution to improving transportation safety in urban areas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Accident Rate, Accident Cost, Titik Rawan Kecelakaan, Z-Score, Cumulative Sum Control Chart, Collision Diagram, Ruas Jalan Kabupaten, Subtainable Development Goals.,Traffic accidents, Accident Rate, Accident Cost, Accident Prone Points, Z-Score, Cumulative Sum Control Chart, Collision Diagram, District Road Sections, Subtainable Development Goals.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faisal Abdillah
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:19
Last Modified: 05 Aug 2025 07:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/127041

Actions (login required)

View Item View Item