Analisis Kondisi Lalu Lintas di Simpang Empat Gedangan Kabupaten Sidoarjo Akibat Pembangunan Flyover

Melinda, Ella Resmi Melinda (2025) Analisis Kondisi Lalu Lintas di Simpang Empat Gedangan Kabupaten Sidoarjo Akibat Pembangunan Flyover. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012231034-Master_Thesis.pdf] Text
6012231034-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan utama di Simpang Empat Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, terutama pada jam puncak pagi (06.00–08.00) dan sore (17.00–18.00). Simpang ini merupakan kawasan industri atau commercial yang memiliki volume kendaraan tinggi, sementara kapasitas jalan tidak memadai. Berdasarkan Rencana Induk Transportasi Kabupaten Sidoarjo (2020), lokasi ini ditetapkan sebagai prioritas penanganan kemacetan melalui pembangunan flyover di ruas Jalan A. Yani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas sebelum dan sesudah pembangunan flyover, baik tanpa maupun dengan pelebaran jalan. Pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan untuk memperoleh volume kendaraan, kondisi geometrik simpang, serta panjang antrian. Analisis dilakukan secara manual berdasarkan dengan PKJI 2023, serta pemodelan melalui perangkat lunak PTV Vissim. Hasil analisis PKJI 2023 menunjukkan bahwa pada kondisi eksisting, panjang antrian dan tundaan tertinggi terjadi di lengan selatan (arah ke Sidoarjo), yaitu 174 meter dengan tundaan 109,5 detik/smp, lengan utara adalah 166 meter dan 103,5 detik/smp, lengan timur adalah 66 meter dan 113,9 detik/smp, dan lengan
barat adalah 54 meter dan 106,5 detik/smp sedangkan untuk hasil Vissim antrian dan tundaan pada lengan selatan yaitu 190 meter dan 105 detik/smp, lengan Utara yaitu 160 meter dan 99 detik/smp, lengan Timur yaitu 58 meter dan 109 detik/smp, lengan Barat yaitu 45 meter dan 100 detik/smp . Setelah pembangunan flyover dengan pelebaran jalan, terdapat nilai panjang antrian dan tundaan menurun menjadi 47 m dan 36,1 detik/smp untuk lengan utara, 57 meter dan 40,4 detik/smp untuk lengan selatan, 30 meter dan 31,3 detik/smp untuk lengan timur, dan 40 meter dan 34,0 detik/smp untuk lengan barat. Pada hasil Vissim setelah adanya flyover antrian dan tundaan, untuk lengan Utara adalah 57,09 meter dan 39,08 detik/smp, lengan Selatan 61,64 meter dan 38,10 detik/smp, lengan Timur adalah 46,05 meter dan 35,20 detik/smp, lengan Barat 33,15 meter dam 34,30 detik/smp. Secara umum, seluruh lengan simpang mengalami penurunan panjang antrian dan tundaan secara signifikan, terutama pada pendekat utama dari arah Surabaya dan Sidoarjo. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan flyover, khususnya jika didukung dengan pelebaran jalan, efektif dalam mengurangi kemacetan dan mendukung peningkatan kinerja simpang sejalan dengan strategi transportasi jangka panjang Kabupaten Sidoarjo.
===================================================================================================================================
Traffic congestion is a major issue at the Gedangan Four-Leg Intersection (Simpang Empat Gedangan) in Sidoarjo Regency, especially during morning (06:00–08:00) and evening (17:00–18:00) peak hours. This intersection is located in an industrial or commercial zone with high traffic volumes, while the road capacity is insufficient. According to the Sidoarjo Regency Transportation Master Plan (2020), this location has been designated as a congestion mitigation priority through the construction of a flyover on Jalan A. Yani. This study aims to analyze traffic performance before and after the construction of the flyover, both without and with road widening. Data collection was carried out through field surveys to obtain traffic volumes, intersection geometry, and queue lengths. The analysis was conducted manually based on PKJI 2023 standards and through simulation modeling using PTV Vissim software. The analysis results based on PKJI 2023 indicate that under existing conditions, the highest queue lengths and delays occur on the south approach (toward Sidoarjo), with a queue length of 174 meters and a delay of 109.5 seconds/pcu. The north approach shows 166 meters and 103.5 seconds/pcu, the east approach 66 meters and 113.9 seconds/pcu, and the west approach 54 meters and 106.5 seconds/pcu. Meanwhile, the VISSIM simulation results show the south approach with a queue length of 190 meters and a delay of 105 seconds/pcu, the north approach 160 meters and 99 seconds/pcu, the east approach 58 meters and 109 seconds/pcu, and the west approach 45 meters and 100 seconds/pcu. After the construction of the flyover and road widening, queue lengths and delays significantly decreased to 47 meters and 36.1 seconds/pcu on the north approach, 57 meters and 40.4 seconds/pcu on the south approach, 30 meters and 31.3 seconds/pcu on the east approach, and 40 meters and 34.0 seconds/pcu on the west approach. According to the post-flyover VISSIM simulation, the north approach experienced a queue length of 57.09 meters and a delay of 39.08 seconds/pcu, the south approach 61.64 meters and 38.10 seconds/pcu, the east approach 46.05 meters and 35.20 seconds/pcu, and the west approach 33.15 meters and 34.30 seconds/pcu. Overall, all intersection approaches experienced a significant reduction in queue lengths and delays, particularly on the main approaches from Surabaya and Sidoarjo directionsThis study demonstrates that the construction of a flyover— especially when combined with road widening—is effective in reducing congestion and improving intersection performance, in line with the long-term transportation strategy of Sidoarjo Regency.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemacatan, Flyover, Kinerja Simpang, PTV Vissim, Lalu Lintas, PKJI 2023, Congestion, Intersection Performance, Traffi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ella Resmi Melinda
Date Deposited: 04 Aug 2025 12:21
Last Modified: 04 Aug 2025 12:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/127283

Actions (login required)

View Item View Item