Analisis Kekuatan Beban Maksimum Pelat Geladak Crane pada Konversi Kapal Penumpang Menjadi Kapal Penumpang Barang

Notonegoro, Febrian Nooransyah Bimo (2025) Analisis Kekuatan Beban Maksimum Pelat Geladak Crane pada Konversi Kapal Penumpang Menjadi Kapal Penumpang Barang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5018211070-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5018211070-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan struktur pelat geladak crane pada kapal penumpang yang dikonversi menjadi kapal penumpang barang. Proses konversi ini memerlukan evaluasi terhadap kapasitas beban maksimum yang dapat ditahan oleh pelat geladak crane yang telah dimodifikasi, dengan menggunakan metode elemen hingga (FEM). Penelitian ini mencakup analisis tegangan dan deformasi yang terjadi pada pelat geladak crane akibat beban lifting load yang bervariasi, yaitu 42 ton dan 44 ton. Variasi sudut putar crane yang diuji adalah 0°, 15°, 30°, hingga 180°. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelat geladak crane masih mampu menahan beban maksimum dengan tegangan dan deformasi yang berada dalam batas aman jika beban operasi dibatasi di bawah kapasitas maksimum crane. Penelitian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai kapasitas struktur geladak crane setelah konversi dan memberikan rekomendasi untuk memastikan bahwa operasi crane dapat berjalan dengan aman dan efisien pada kapal penumpang yang dikonversi menjadi kapal penumpang barang.
====================================================================================================================================
This study aims to analyze the structural strength of the crane deck plate on a passenger vessel converted into a passenger cargo vessel. This conversion process requires an evaluation of the maximum load capacity that the modified crane deck plate can withstand, using the finite element method (FEM). The study includes an analysis of the stress and deformation that occur on the crane deck plate due to varying lifting loads of 42 tons and 44 tons. The tested crane boom rotation angles include 0°, 15°, 30°, up to 180°. The results show that the crane deck plate can still withstand the maximum load with stress and deformation within safe limits when the operating load is kept below the crane's maximum capacity. This research provides a clear picture of the crane deck structure's capacity after conversion and offers recommendations to ensure safe and efficient crane operations on a passenger vessel converted into a passenger cargo vessel.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapal penumpang, kapal penumpang barang, konversi, crane, kekuatan konstruksi, finite element method, lifting load, tegangan, deformasi, passenger ship, cargo ship, conversion, structural strength, stress, deformation.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Febrian Nooransyah Bimo Notonegoro
Date Deposited: 05 Aug 2025 10:48
Last Modified: 05 Aug 2025 10:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/127467

Actions (login required)

View Item View Item