Harijanto, Stephen (2025) Perancangan Bangunan Kursus & Kafetaria dan Perancangan Rumah Tinggal NMR. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
8013241004-Profession.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Laporan ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan memperoleh gelar Arsitek (Ar.) dengan fokus pada demonstrasi kompetensi arsitektur yang diperoleh melalui pengalaman perancangan dua proyek utama. Kedua proyek ini secara komprehensif mengaplikasikan 13 butir standar kompetensi arsitek, mulai dari perencanaan, perancangan, manajemen proyek, hingga pemahaman tentang hubungan manusia, bangunan, dan lingkungan, serta aspek sejarah, teori, dan seni dalam arsitektur.
Proyek pertama adalah perancangan Bangunan Kursus dan Kafetaria, sebuah fasilitas pendidikan multifungsi yang berlokasi di Perumahan Pondok Candra yang merupakan pemukiman padat. Tujuan utama desain ini adalah menciptakan bangunan yang fungsional untuk mewadahi beragam kegiatan, menjamin keamanan dan kenyamanan bagi berbagai kategori pengguna, serta meminimalkan biaya konstruksi tanpa mengorbankan kualitas. Pendekatan desain yang berfokus pada efisiensi ruang, adaptasi iklim, dan pemilihan material yang tepat menjadi kunci keberhasilan proyek ini.
Proyek kedua adalah perancangan Rumah Tinggal NMR, sebuah hunian pribadi untuk seorang pengusaha muda yang tinggal bersama orang tuanya. Desain ini secara spesifik mengakomodasi preferensi dan kebutuhan unik klien, termasuk perhatian khusus pada arah hadap tempat tidur sesuai keyakinan Hindu, penyediaan home office dan ruang meeting untuk mendukung produktivitas kerja dari rumah, serta integrasi elemen air berupa kolam renang dan reflecting pond sebagai fitur penting. Konsep "stacked box" diterapkan untuk menciptakan koneksi yang kuat antara ruang indoor dan outdoor, menghasilkan desain yang modern, fungsional, dan responsif terhadap gaya hidup klien.
Melalui kedua proyek ini, kompetensi dalam menghasilkan rancangan arsitektur yang memenuhi persyaratan estetika dan teknis, beradaptasi dengan konteks lingkungan dan sosial, serta dikelola secara profesional, telah berhasil didemonstrasikan. Laporan ini merupakan bukti kemampuan dalam menerjemahkan kebutuhan klien dan tantangan lokasi menjadi solusi arsitektur yang inovatif dan bertanggung jawab.
============================================================
This report is compiled to fulfill one of the requirements for obtaining the title of Architect (Ar.), focusing on demonstrating architectural competencies acquired through the design experience of two main projects. Both projects comprehensively apply the 13 core standards of architectural competence, ranging from planning, design, project management, to understanding the relationship between humans, buildings, and the environment, as well as aspects of history, theory, and art in architecture.
The first project is the design of a Course Building and Cafeteria, a multifunctional educational facility located in the densely populated Pondok Candra housing complex. The primary goal of this design was to create a functional building capable of accommodating diverse activities, ensuring safety and comfort for various user categories, and minimizing construction costs without compromising quality. A design approach focused on space efficiency, climate adaptation, and appropriate material selection was key to the success of this project.
The second project is the design of the NMR Residence, a private dwelling for a young entrepreneur living with their parents. This design specifically accommodates the client's unique preferences and needs, including special attention to the bed's orientation according to Hindu beliefs, the provision of a home office and meeting room to support work-from-home productivity, and the integration of water elements such as a swimming pool and a reflecting pond as important features. The "stacked box" concept was applied to create a strong connection between indoor and outdoor spaces, resulting in a modern, functional design responsive to the client's lifestyle.
Through these two projects, competencies in producing architectural designs that meet aesthetic and technical requirements, adapt to environmental and social contexts, and are professionally managed, have been successfully demonstrated. This report serves as evidence of the ability to translate client needs and site challenges into innovative and responsible architectural solutions.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi arsitek, perancangan arsitektur, sekolah musik, kafetaria, rumah tinggal, architect competency, architectural design, music school, cafetaria, private house |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design. |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23901-Architect Professional Education |
Depositing User: | Stephen Harijanto |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:49 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:08 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/127726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |