Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Cuci Sepatu Di Sepatuku.sub

Ali, Moch Gasar Agusali (2025) Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Cuci Sepatu Di Sepatuku.sub. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611910000072-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10611910000072-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laundry lebih dikenal umumnya sebagai jasa pencucian pakaian. Namun kali ini, laundry bukan lagi mencuci pakaian saja, melainkan juga merambah ke sepatu, yang disebut jasa cuci sepatu, dengan menggunakan sabun-sabun yang khusus hanya untuk sepatu, maka hasil akan lebih optimal bersih, tren penggunaan jasa cuci sepatu mulai diganderungi banyak orang dalam kurun tiga tahun terakhir, Berdasarkan data penjualan jasa cuci sepatu di SEPATUKU.SUB cenderung memiliki penjualan yang stabil karena sepatu merupakan barang yang digunakan secara luas oleh banyak orang, sehingga permintaan untuk jasa cuci sepatu cenderung stabil sepanjang tahun, jasa cuci sepatu bisa menjangkau banyak kalangan, dari anak-anak hingga dewasa, serta dari berbagai lapisan Masyarakat. Oleh karena itu pengembangan jasa cuci sepatu ini perlu dilakukan, salah satu caranya melalui peningkatan kualitas pelayanan pelanggan yang diukur dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu mengetahui kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang di berikan serta faktor- faktor yang perlu diperbaiki oleh pemilik unit bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap jasa cuci sepatu di SEPATUKU.SUB. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa Nilai CSI pada mengetahui jasa cuci Sepatu di SEPATUKU.SUB dari social media maupun dari teman/saudara merasa sangat puas terhadap pelayanan yang di berikan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terdapat beberapa faktor-faktor yang perlu ditingkatkan kinerjanya. Hal ini dapat dilihat dengan melakukan importance performance analysis. Faktor-faktor yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pelayanan jasa cuci sepatu di SEPATUKU.SUB yang mengetahui dari social media berdasarkan importance performance analysis yaitu karyawan SEPATUKU.SUB selalu memperhatikan dengan baik setiap keluhan para konsumen, kesopanan dan keramahan karyawan SEPATU.SUB dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, karyawan SEPATUKU.SUB memiliki pengetahuan dalam menjawab pertanyaan pelanggan dan alat-alat cuci sepatu yang memadai dan cukup lengkap, yang dimana dapat di simpulkan bahwa kurang berpengalaman karyawan dan kepahaman terhadap alat alat cuci sepatu, sedangkan untuk pelanggan jasa cuci sepatu yang mengetahui dari rekomendasi teman/saudara faktor-faktor yang perlu ditingkatkan yaitu toko SEPATUKU.SUB memiliki lokasi yang strategis dan Kenyamanan dan keamanan yang selama menggunakan jasa yang diberikan, yang dimana dapat disimpulkan bahwasanya toko offline SEPATUKU.SUB kurang nyaman.
=========================================================================================================================================
Laundry is generally known as a garment cleaning service. However, laundry services have now expanded beyond clothing to include shoe cleaning, commonly referred to as shoe laundry. Using specialized detergents designed specifically for shoes results in optimal cleaning outcomes. Over the past three years, the trend of using shoe cleaning services has gained popularity among the public. Based on sales data from SEPATUKU.SUB, the demand for shoe cleaning services has remained relatively stable, as shoes are widely used by people of all ages and social backgrounds. Therefore, the development of this service is necessary, one of which can be done by improving customer service quality, measured using the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) methods. The purpose of this study is to determine customer satisfaction with the services provided and to identify the factors that need improvement by the business owner to enhance customer satisfaction with the shoe cleaning services at SEPATUKU.SUB. The results showed that the CSI value indicates that customers who discovered the SEPATUKU.SUB service via social media or through friends/family were very satisfied with the service provided. However, there are several performance aspects that need to be improved to further enhance customer satisfaction. Based on the importance performance analysis, the key areas for improvement among customers who learned about the service via social media include: employees' attentiveness to customer complaints, the politeness and friendliness of employees when serving customers, employee knowledge in answering customer inquiries, and the adequacy and completeness of shoe cleaning equipment. This indicates a lack of employee experience and understanding of shoe cleaning tools. Meanwhile, for customers who became aware of the service through recommendations from friends or family, the factors that need improvement include the store's strategic location and the comfort and safety experienced during service usage. This suggests that the SEPATUKU.SUB offline store is perceived as lacking in comfort.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Kepuasan Pelayanan Pelanggan, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Customer Service Satisfaction.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA11 .A36 1991 Mathematics--Study and teaching.
Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis. Failure time data analysis. Survival analysis (Biometry)
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Moch Gasar Agusali
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:17
Last Modified: 27 Aug 2025 01:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128106

Actions (login required)

View Item View Item