Segmentasi Pendengar Radio Suara Surabaya Di Surabaya Berdasarkan Variabel Dalam Vals (Value And Lifestyle)

Widyastuty, Erwina (2008) Segmentasi Pendengar Radio Suara Surabaya Di Surabaya Berdasarkan Variabel Dalam Vals (Value And Lifestyle). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1303109015-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
1303109015-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kegiatan bisnis, pengetahuan tentang segmentasi pasar dapat digunakan salah satunya sebagai informasi untuk memilih pasar. VALS (Value and Lifestyle) adalah salah satu contoh pendekatan segmentasi gaya hidup yang mengukur aktifitas-aktifitas manusia dalam hal pola seseorang dalam menghabiskan waktunya, minat seseorang, pandangan seseorang terhadap diri sendiri dan orang lain, dan karakter- karakter dasar seseorang dengan menggunakan ketiga unsur lifestyle (AIO) digabungkan dengan pertanyaan-pertanyaan demografi. Objek dari penelitian VALS ini dilakukan terhadap pendengar Radio Suara Surabaya di Surabaya. Dimana nantinya akan diketahui apa, siapa dan seperti apa gaya hidup pendengar radio Suara Surabaya yang diharapakan bisa tersegmen dengan jelas melalui VALS. Variabel- variabel yang diukur ada 15 variabel minat atau ketertarikan. variabel- variabel gaya hidup tersebut ada enam faktor yang dapat dibentuk dari Analisis faktor dengan total varian yang dapat diterangkan sebesar 66.23%. Dengan menggunakan analisis Cluster K-Means pengelompokan terbentuk kedalam enam segmen psikografis lifestyle yaitu 60 orang Wanderer minded, 37 orang Active info seeker, 7 orang Creator, 19 orang Inspirator, 37 orang Narrow focus listener dan 36 orang Casual Conservative Listener
=====================================================================================================================================
On business world, one of segmentation knowledge can be used as information to choose market. VALS (Value and Lifestyle) for example, is one of lifestyle segmentation by measurement of human activity into their lifecycle, their interest, opinion and human characters using 3 elements of Lifestyle (AJO) combine with demography question. Research objects are Suara Surabaya Radio listener in Surabaya where we can know what, who, and how Suara Surabaya listener lifestyle that can draw from VALS. All 15 interest variables are measured From those entire variable, are made into 6 factors which use Factor Analyze with count of variance can be explain are 66, 23 %. Using Cluster Analysis K-Means collected six psychographies lifestyle segment which is 60 people of Wanderer minded, 37 people of Active info seeker, 7 people of Creator, 19 people of Inspirator, 37 people of Narrow focus listener and 36 people of Casual Conservative Listener.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Cluster K-Mean, Segmentation, K-Means Cluster
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA29 Theory and method of social science statistics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:24
Last Modified: 23 Sep 2025 07:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128388

Actions (login required)

View Item View Item