Studi Eksperimental Tentang Karakteristik Aliran Melintasi Silinder Ganda Susunan Transversal Dengan Pengganggu Sllinder Teriris Tipe I "Studi Kasus Untuk Pengaruh Jarak Longitudinal"

Susilo, Didiet Joko (2007) Studi Eksperimental Tentang Karakteristik Aliran Melintasi Silinder Ganda Susunan Transversal Dengan Pengganggu Sllinder Teriris Tipe I "Studi Kasus Untuk Pengaruh Jarak Longitudinal". Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2102100044-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2102100044-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Aliran melintasi silinder sirkular ditujukan untuk memperluas usaha riset dalam disiplin ilmu engineering yang luas. Penelitian yang berbeda menunjukkan konfigurasi aliran memiliki banyak aplikasi dalam dunia engineering dan tetap menjadi salah satu yang terdepan dalam mekanika fluida. Penulis Ielah meneliti pengontrolan aliran dan berencana dengan metode pengontrolan aliran yang baru. Pertama adalah pengontrolan separasi shear layer dari bluff body. Kedua adalah pengontrolan aliran pada permukaan di sekeliling bluff body dengan menempatkan silinder kecil di depan bluff body. Telah diketahui bahwa koeefisien drag dari sirkular silinder pada aliran uniform menurun dengan meningkatnya turbulensi aliran (Tsutsui dick, 2002). Aliran melintasi silinder sirkular banyak dalam satu konfigurasi grup tentu berbeda dengan aliran melintasi silinder tunggal. Pada penelitian kali ini mengetengahkan aliran melintasi duo silinder sirkular susunan sibeby- side dikontrol dengan sebuah bluff body silinder sirkular yang teriris (disebut silinder tipe I, yang dihasillcan dengan memotong dua sisi silinder sirkular sejajar dengan sumbu y). Silinder kecil ini diletakkan di depan dua silinder dengan variasi jarak longitudinal antara pusat silinder kecil dengan titik tengah jarak down stream cylinder. Permukaan potong dari silinder sirkular kecil selalu tegak lurus dengan vektor kecepatan free stream. Penelitian kali ini adalah untuk meneliti masalah pengontrolaatau manipulasi induksi gaya unsteady dari susunan side-by side pada dua silinder sirkular dengan diameter 0 = 60 mm. Sebuah bluff body dari silinder sirkular kecil teriris dengan diameter tis = 20 mm sebanding dengan 1/3D, dengan sudut iris angle 08 = rf. 5fl, dan 6rl. Jarak longitudinal antara pusat silinder kecil terhadap titik tengah jarak pusat silinder downstream divariasikan pada SID = 316, 516, 7/6, dan 916. Jarak antar pusat silinder downstream pada susunan side-by-side relatif terhadap diameter (T/D) divariasikan pada TID = 1,5 dan 2,5. Susunan ini dileJaldcan padu wind tunnel sub sonic dengan Reynold mtmber = 5,4xlu' (berdasarkan diameter D dun lcecepatan free stream). Dengan pengukuran distribusi tekanan di selceliling silinder sirkular dan profil kecepatan dibelakang silinder, dan juga visualisasi aliran dengan oil flow picture, karakteristik aliran disekitar susunan dapat dianalisa. Hasil eksperimen yang didapatkan adalah untuk TID = 1,5, pada sudut iris silinder pengganggu (Os) = 6d' dan SID = 9/6 paling baik menunda separasi pada sisi ce/ah, gaya lift paling besar berturut turut SID = 316, 516, 716, dan 9/6, jarak celah sempil menyebabkan biased flow semakin besar. Untuk TID = 2,5, dan SID = 3/6, 516, 716, dan 916, aliran melintasi silinder utama mulai simetri. Gaya drag dan gaya lift pada masing-masing jarak pengganggu hampir sama. Pada sudut irisan (Os) = 6cf gaya drag yang terjadi paling besar
====================================================================================================================================
Flow across a circular cylinder aims to expand research efforts in a broad range of engineering disciplines. Different studies have shown that flow configurations have numerous applications in engineering and remain at the forefront of fluid mechanics. The authors have investigated flow control and are planning new flow control methods. The first is controlling the shear layer separation of a bluff body. The second is controlling the flow on the surface surrounding the bluff body by placing a small cylinder in front of the bluff body. It is known that the drag coefficient of a circular cylinder in uniform flow decreases with increasing flow turbulence (Tsutsui Dick, 2002). Flow across multiple circular cylinders in a group configuration is certainly different from flow across a single cylinder. In this study, flow across a duo of circular cylinders in a side-by-side arrangement is controlled by a sliced ​​circular cylinder bluff body (called a type I cylinder, which is produced by cutting two sides of the circular cylinder parallel to the y-axis). This small cylinder is placed in front of the two cylinders with varying longitudinal distances between the center of the small cylinder and the midpoint of the downstream cylinder distance. The cutting surface of a small circular cylinder is always perpendicular to the free stream velocity vector. This study is to investigate the problem of controlling or manipulating the unsteady force induction of a side-by-side arrangement of two circular cylinders with a diameter of 0 = 60 mm. A bluff body of a small circular cylinder is sliced ​​with a diameter of tis = 20 mm proportional to 1/3D, with an angle of 08 = rf. 5fl, and 6rl. The longitudinal distance between the center of the small cylinder and the midpoint of the center distance of the downstream cylinder is varied at SID = 316, 516, 7/6, and 916. The distance between the centers of the downstream cylinders in the side-by-side arrangement relative to the diameter (T/D) is varied at TID = 1.5 and 2.5. This arrangement is tested in a subsonic wind tunnel with Reynolds number = 5.4xlu' (based on the diameter D and the free stream velocity). By measuring the pressure distribution around the circular cylinder and the velocity profile behind the cylinder, and also visualizing the flow with oil flow picture, the flow characteristics around the arrangement can be analyzed. The experimental results obtained are for TID = 1.5, at the angle of the disturbing cylinder (Os) = 6d' and SID = 9/6 the best delay of separation on the gap side, the lift force is greatest respectively SID = 316, 516, 716, and 9/6, the narrow gap distance causes the biased flow to be greater. For TID = 2.5, and SID = 3/6, 516, 716, and 916, the flow across the main cylinder begins to be symmetrical. The drag force and lift force at each disturbing distance are almost the same. At the angle of cut (Os) = 6cf the drag force that occurs is the greatest

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 620.106 4 Sus s-1 2007 (weeding)
Uncontrolled Keywords: silinder tipe I, passive control, side-by-side
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:15
Last Modified: 14 Nov 2025 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128785

Actions (login required)

View Item View Item