Penilaian Resiko Sistem Pemuatan LNG Pada Kapal Surya Aki Dengan Metode FMECA

AI Aziez, Muchammad (2007) Penilaian Resiko Sistem Pemuatan LNG Pada Kapal Surya Aki Dengan Metode FMECA. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4203100003-Undergraduate-Thesis.pdf] Text
4203100003-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (65MB) | Request a copy

Abstract

LNG merupakan sumber energi yang sangat penting, Salah satu proses dalam pengangkutan LNG adalah pemuatan LNG pada terminal pemuat. Proses pemuatan pada terminal LNG tidak bisa dilakukan sewaktu - waktu dan memiliki resiko yang tinggi sehingga setiap komponen maupun sistem pemuatan pada terminal LNG harus memenuhi beberapa regulasi salah satunya adalah DNV. Sistem pemuatan pada terminal pemuat LNG terdiri dari berbagai sistem yang didalamnya terdiri dari banyak peralatan. Dengan banyaknya peralatan pada sistem pemuatan ini maka diperlulcan penataan dan pemilihan yang baik tiap komponen sistem. Hal ini dilalrukan karena bahaya yang mungkin bisa terjadi akibat suatu penataan yang salah atau pemilihan komponen yang salah. Bahaya - bahaya tersebut misalnya api atau ledakan pada tanki muatan, kebocoran pipa, rusaknya katub, dan lain - lain. Untuk menghindari masalah tersebut maka perlu dilakukan penilain resiko pada setiap sistem dan peralatan pada pemuatan kapal LNG, penilaian ini dilakukan untuk menghitung seberapa besar tingkat resiko pada sistem dan peralatannya, dimana tingkat resiko akan sangat dipengaruhi oleh penataan sistem, cara pengoperasian, pemilihan peralatan, dan dampak atau besarnya kerusakan yang bisa ditimbulkan apabila suatu sistem mengalami kegagalan Dengan penilaian resiko ini maka akan dapat diketahui level resiko setiap komponen dalam sistem pemuatan LNG dengan mengolah data kegagalan yang pemah terjadi, nilai resiko yang didapatkan nantinya akan dimasukkan dalam tabel risk profile matrik. Kemudian untuk mengwangi tingkat resiko suatu peralatan dilakukan mitigasi atau proses pengurangan resiko pada peralatan
====================================================================================================================================
LNG is a very important energy source. One of the processes in LNG transportation is loading LNG at the loading terminal. The loading process at the LNG terminal cannot be done at any time and has a high risk, so every component and loading system at the LNG terminal must comply with several regulations, one of which is DNV. The loading system at the LNG loading terminal consists of various systems that contain many pieces of equipment. With the many pieces of equipment in this loading system, it is necessary to arrange and select each system component well. This is done because of the dangers that may occur due to an incorrect arrangement or the wrong component selection. These dangers include fire or explosion in the cargo tank, pipe leaks, damaged valves, and others. To avoid these problems, it is necessary to conduct a risk assessment on each system and equipment in LNG ship loading. This assessment is carried out to calculate the level of risk in the system and its equipment, where the level of risk will be greatly influenced by the system layout, operating method, equipment selection, and the impact or amount of damage that can be caused if a system fails. With this risk assessment, the risk level of each component in the LNG loading system can be determined by processing the failure data that has occurred. The risk value obtained will later be entered into the risk profile matrix table. Then, to reduce the risk level of a piece of equipment, mitigation or a risk reduction process is carried out on the equipment

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 388.34 Ala p-1 2007 (weeding)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Resiko; Risk Assessment
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:34
Last Modified: 21 Nov 2025 03:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128814

Actions (login required)

View Item View Item