Analisis Umur Kelelahan Konstruksi Lokal Di Area Sekitar Chain Stopper Pada Spread Mooring 4x2 Chain Line Configuration Studi Kasus FSO Papa Terminal

Louis, Antonius (2022) Analisis Umur Kelelahan Konstruksi Lokal Di Area Sekitar Chain Stopper Pada Spread Mooring 4x2 Chain Line Configuration Studi Kasus FSO Papa Terminal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311840000004-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311840000004-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu hal terpenting dalam suatu perancangan dan operasional bangunan laut lepas pantai yang direncanakan untuk beroperasi bertahun-tahun adalah analisis kelelahan yang sangat erat kaitannya dengan isu keselamatan. Beban dinamis angin, arus, dan terutama gelombang yang terjadi terus menerus dan acak selama masa operasi akan mengakibatkan terjadinya beban siklik yang akan mengenai komponen komponen kapal seperti badan kapal, tali tambat, dan juga beberapa komponen diatas deck yang terhubungan langsung dengan tali tambat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui umur kelelahan struktur sekitar chain stopper dengan metode spectral fatigue analysis. Telah ditentukan Chain Stopper Starboard-2 lah yang akan dianalisis sebagai penerima rata-rata beban terbesar dibanding chain stopper lainnya. Dilakukan proses running menggunakan software ANSYS untuk mendapatkan data yang kemudian dapat diolah menjadi Stress RAO dari setiap arah pembebanan. Spektra Gelombang yang akan digunakan bedasarkan enam variasi tinggi gelombang signifikan dan periode yang terjadi dalam data wave scatter yang sudah didapat. Selanjutnya dari perkalian setiap spektrum gelombang dengan masing-masing nilai stress RAO yang telah dikuadratkan akan dihasilkan spektra respon tegangan. Spektra respon inilah yang akan menentukan nilai nilai stokastik setiap variasi, yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan jumlah siklus yang terjadi pada setiap variasi yang ada (nL). Menggunakan parameter yang sudah disediakan dari kurva S-N kelas D untuk mendapatkan nilai siklus batas (N), maka akan didapatkan rasio nL/N. Akumulasi setiap rasio yang didapatkan dari seluruh variasi yang ada akan menghasilkan nilai indeks kelelahan (D). Dengan menetapkan umur desain bangunan selama 25 tahun, maka umur kelelahan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebesar 25.29 tahun, yang didapatkan dari hasil bagi antara umur desain dengan indeks kelelahan (D). Hasil ini menunjukan bahwa struktur yang ada sudah melewati target umur desain yang ditentukan namun belum cukup kuat untuk dapat bertahan sesuai dengan umur kelelahan yang diizinkan, sebesar 2 kali umur desain (50 tahun).
==========================================================================================================================================
One of the most important things in the design and operation of an offshore structure that is planned to operate for many years is fatigue analysis which is closely related to safety issues. Dynamic loads of wind, currents, and especially waves that occur continuously and randomly during the operation period will result in cyclic loads which will affect the ship's components such as the hull, mooring ropes, and also several components above the deck which are directly connected to the mooring rope. The purpose of this study is to determine the fatigue life of the structure near the chain stopper using the spectral fatigue analysis method. It has been determined that Chain Stopper Starboard-2 will be analyzed as it took the largest average load compared to other chain stoppers. The running process is carried out using ANSYS software to obtain data which can then be processed into Stress RAO from each loading direction. The wave spectrum variations that will be used are based on six significant wave height and period variations stated in the obtained wave scatter data. Furthermore, by multiplying each wave spectrum with each Stress RAO value that has been squared, a stress response spectra will be generated. This response spectra will determine the stochastic values of each variation, which will later be used to obtain the number of cycles that occur in each variation (nL). Using the parameters provided from the D class S-N curve to get the limit cycle value (N), the ratio nL/N will be obtained. The accumulation of each ratio obtained from all existing variations will produce a fatigue index value (D). By setting the design life of the building for 25 years, the fatigue life obtained in this study is 25.29 years, which is obtained from the quotient between the design life and the fatigue index (D). This result indicates that the existing structure is able to pass the targeted design life, but it’s not strong enough to reach the allowable fatigue life, which is 2 times the design life (50
years).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSKe 627.32 Lou a 2022 3100022094754
Uncontrolled Keywords: Kelelahan, Chain Stopper, Spektra gelombang, Spektra respon, Stress
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
V Naval Science > VK > VK361 Mooring of ships. Dry docks
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Dec 2025 08:04
Last Modified: 17 Dec 2025 08:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/129043

Actions (login required)

View Item View Item