STUDI EKSPERIMEN DAN ANALISA LAJU KEAUSAN MATERIAL ALTERNATIF BEARING PADA POROS PROPELLER KAPAL

PERMANA, BISMA ADITYA (2016) STUDI EKSPERIMEN DAN ANALISA LAJU KEAUSAN MATERIAL ALTERNATIF BEARING PADA POROS PROPELLER KAPAL. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2112106023-undergraduate thesis.pdf]
Preview
Text
2112106023-undergraduate thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karet Nitril yang digunakan sebagai material dari
cutlass bearing pada poros propeller kapal, sering mengalami
keausan dini daripada perkiraan awalnya yaitu 1000 jam
pemakaian. Hal ini terjadi dikarenakan adanya kontak antara
material Karet Nitril sebagai Bearing dan SS316 sebagai poros
propeller kapal. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk
mengetahui laju keausan material karet nitril dengan
menggunakan air laut sebagai pelumas.
Pengujian keausan dilakukan pada alat Tribometer pin
on disc, dengan menggunakan air laut sebagai pelumas.
Spesimen uji ditimbang dengan timbangan digital sebelum
dilakukan pengujian untuk mengetahui berat awal. Pengujian
dilakukan dengan memvariasikan kecepatan yaitu pada speed
control 80, 90, dan 100. Sedangkan beban yang digunakan
konstan yaitu 8kg.Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali sesuai
dengan speed control yang ditetapkan.
Hasil dari pengujian diatas didapatkan material
rekomendasi yang memiliki nilai specific wear rate lebih baik
dibandingkan dengan Nitrile Rubber (NBR), yaitu Ultra High
Molecular Weight Polyetyhlene (UHMWPE) dimana nilai
specific wear rate UHMWPE lebih baik dibandingkan material
NBR. Yaitu pada saat kecepatan 53,4 rpm material UHMWPE
1,8 kali lebih baik daripada NBR. Dan pada saat kecepatan 56
rpm material UHMWPE 1,7 kali lebih baik daripada NBR.
Sedangkan pada saat kecepatan 59,2 rpm material UHMWPE 1,6
kali lebih baik daripada NBR. Specific wear rate juga
berpengaruh terhadap umur hidup (lifetime) material. Yaitu pada
saat kecepatan 53,4 rpm 2,6 kali lebih baik dari NBR, pada
kecepatan 56 rpm 2,4 kali lebih baik dari NBR, sedangkan pada
kecepatan 59,2 rpm 2,3 kali lebih baik daripada NBR.
"============================================================================================="
Nitrile Rubber is used as the material of cutlass Bearing on
the shaft propeller, usually have premature wear than the initial
estimates of 1000 hours of usage. This occurs due the contact
between the material Nitrile Rubber as Bearing and SS316 as
propeller shaft. Therefore it is necessary to investigate the wear
rate of nitrile rubber material by using sea water as a lubricant.
The wear test use Tribometer pin on disc,using sea water
as a lubricant. Specimen weighed with digital scales prior to
determine the initial weight. Eksperiment is done by varying the
speed control 80, 90and 100. While the load is constant 8kg.
Eksperiment have 3 times repetition accordance the speed
control set.
Result of the test is obtained recommendation material
which wear rate better than the nitrile Rubber (NBR) is Ultra
High Molecular Weight Polyethylene (UHMWPE) which the
value of specific wear rate of UHMWPE better than NBR. When
the speed 53,4 rpm UHMWPE 1,8 times better than NBR. And at
speed 56 rpm UHMWPE 1,7 times better than NBR. While at
speed 59,2 rpm UHMWPE 1,6 times better than NBR. Specific
wear value also affects the lufetime of materials. Which at speed
53,4 rpm 2,2 times better than NBR, at speed 56rpm 2 times
better than NBR, while at speed 59,2 rpm 1,9 times better than
NBR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.112 92 Per s
Uncontrolled Keywords: underwater bearing, nitrile rubber, specific wear rate
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:16
Last Modified: 27 Dec 2018 03:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item