Ragiltya, Andy Novian (2017) Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Perawatan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berdasarkan Metode GAP Analysis Yang Memenuhi Standar ISO/IEC 14764:2006 Dan KOntrol Kerangka Kerja ITILV3. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5212100052-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Proses perawatan terhadap Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan hal penting yang harus dilakukan, terutama bagi Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS Surabaya sebagai penyedia layanan teknologi dan sistem informasi kepada civitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Aktivitas perawatan dilakukan untuk memastikan SIM yang telah dikembangkan dan dikelola berjalan sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Namun, Sub Direktorat Pengembangan Sistem Informasi (Subdit PSI) selaku pelaksana tidak melaksanakan aktivitas perawatan secara menyeluruh, dan dilakukan hanya pada saat terjadi permasalahan pada SIM. Hal ini disebabkan karena tidak adanya prosedur yang baku dan dokumentasi dari aktivitas perawatan yang dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah proses tata kelola TI yang terstandar sebagai landasan dalam melakukan proses perawatan terhadap SIM. Dokumen Standard Operating Procedures (SOP) yang akan dihasilkan dari penelitian tugas akhir ini adalah dokumen SOP yang dibuat berdasarkan metode analisis kesenjangan untuk mengukur tingkat kesenjangan antara kondisi kekinian proses perawatan SIM yang ada di DPTSI ITS Surabaya dengan kondisi ideal menurut standar ISO/IEC 14764:2006 tentang perawatan perangkat lunak dan kerangka kerja ITILv3 tentang aktivitas backup dan monitoring pada IT Operation Management Function di level Service Operation. Dokumen SOP selanjutnya dimaksimalkan dengan melewati proses verifikasi dan validasi dengan teknik wawancara dan simulasi pengujian. Hasil luaran dari penelitian tugas akhir ini adalah dokumen SOP mengenai perawatan SIM, yang terdiri dari 6 SOP, yaitu SOP Permintaan Perawatan SIM, SOP Perbaikan SIM, SOP Migrasi SIM, SOP Pemberhentian SIM, SOP Backup Database dan Sistem Informasi, dan SOP Pemantauan SIM. Keseluruhan dokumen SOP nantinya dapat menjadi acuan bagi Subdit PSI DPTSI ITS Surabaya dalam melaksanakan proses perawatan terhadap SIM yang telah dikembangkan.
========================================================================================================================
The maintenance process of the Information System Management (SIM) is an important thing to do, especially for Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS as a service provider of technology and information systems to the academic community Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Maintenance activities are taken to ensure that SIM has been developed and managed run in accordance with their functions and objectives. However, during this time, Sub Direktorat Pengembangan Sistem Informasi (Subdit PSI) as the operator does not carry out maintenance activities as a whole, and is performed only in the event of problems on the SIM. This is due to the absence of standard procedures and documentation of maintenance activities undertaken. Therefore, it takes a process standardized IT governance as a cornerstone in the process of treatment of the SIM. Standard Operating Procedure(s) (SOP) documents that will be resulted from this research is SOP documents created based on gap analysis methods to measure the gap between the existing condition of maintenance process of SIM in DPTSI ITS Surabaya with ideal conditions according to the standard ISO/IEC 14764:2006 about Software Maintenance and the ITILv3 framework about backup and monitoring at IT Operation Management Function in Service Operation level. SOP document further maximized by passing the verification and validation process with interview techniques and simulation testing. Outcomes of this research is SOP documents regarding the Maintenance of SIM, which consists of 6 SOP, there are SOP Permintaan Perawatan SIM, SOP Perbaikan SIM, SOP Migrasi SIM, SOP Pemberhentian SIM, SOP Backup Database dan Sistem Informasi, and SOP Pemantauan SIM. Overall SOP document will be a reference for Subdit PSI DPTSI ITS Surabaya in carrying out the maintenance process of the SIM that has been developed.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perawatan, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Standart Operasional Prosedur (SOP), Analisis Kesenjangan, ISO/IEC 14764:2006, ITILv3, Backup, Pemantauan, IT Operation Management Function, Service Operation, Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ANDY NOVIAN RAGILTYA |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 02:05 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 07:38 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/1653 |
Actions (login required)
View Item |