Pembuatan Perangkat Audit Berbasis Risiko Berdasarkan Cobit 5 Dan Service Desk Standard Pada service Desk (Studi Kasus: Direktorat Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi ITS)

Ramadhani, Sarah Putri (2017) Pembuatan Perangkat Audit Berbasis Risiko Berdasarkan Cobit 5 Dan Service Desk Standard Pada service Desk (Studi Kasus: Direktorat Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi ITS). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100185-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100185-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

SubDirektorat Layanan Teknologi dan Sistem Informasi pada DPTSI sebagai penyedia layanan TI di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tidak sedikit mengalami gangguan atau insiden yang mengakibatkan menurunnya kualitas pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu terdapat unit service desk yang bertugas menangani berbagai macam keluhan insiden dan memenuhi permintaan layanan TI. Namun DPTSI belum pernah mengadakan pengendalian internal terhadap prosesnya. Untuk memastikan pengelolaan telah diterapkan dalam kontrolnya maka perlu sebuah metode yaitu audit teknologi informasi. Salah satu hal yang perlu disiapkan dalam melaksanakan audit adalah perangkat audit. Suatu perangkat audit penting untuk dibuat karena menyediakan serangkaian instruksi dari proses yang harus dilakukan service desk sehingga membantu seorang auditor dalam menjalankan audit sesuai dengan tujuan dan memastikan seluruh proses telah dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat audit pengelolaan permintaan layanan dan insiden pada service desk DPTSI yang dibuat berdasarkan control objective pada Service Desk Standard yang dipetakan dengan proses pada best practice COBIT 5 domain DSS02. Ruang lingkup perangkat audit juga ditetapkan melalui control objective yang dipetakan dengan risiko TI pada service desk yang dianalisis menggunakan pendekatan best practice COBIT 5 for Risk APO12 Manage Risk. Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi dokumen perangkat audit dan persetujuan perangkat audit.
Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah dokumen perangkat audit beserta panduan penggunaannya, yang nantinya diharapkan dapat membantu DPTSI untuk melakukan audit pengelolaan permintaan layanan dan insiden pada service desk sesuai acuan best practice COBIT 5 dan standar kontrol Service Desk Standard.

=========================================================

Sub-Directorat of Technology and Information Systems Services at DPTSI as a provider of IT services in Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) frequently can cause disturbance or incident that resulted in a decreased quality of services provided. Therefore, there is a service desk who has responsible for handling a variety of complaints of incidents and meet the demand for IT services. However DPTSI has never held internal control over processes. To ensure the management has been applied in the control it needs a method that is information technology auditing. One of the things that need to be prepared to carry out an audit is an audit program. An audit program necessary to be made because it provides a set of instructions on the process to be followed service desk that helps an auditor in performing the audit in accordance with the objectives and ensure the entire process has been conducted.
This study aims to design a risk based service requests and incident management audit program based on audit control objectives in Service Desk Standard mapped with processes in COBIT 5 DSS02 domain. The scope of the audit also determined through the control objectives are mapped to IT risks at the service desk were analyzed using best practice approaches COBIT 5 for Risk APO12 Manage Risk. The last step is to verify the documents audit and approval of the audit.
The results of this research is a document of audit program and its user guide, that later is expected to be able to help DPTSI on performing audit of service requests and incidents management on the service desk based on the reference best practice of COBIT 5 and standard of Service Desk Standard.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Audit, Service Desk, Permintaan Layanan, Insiden, COBIT 5, COBIT 5 for Risk, Service Desk Standard
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: SARAH PUTRI RAMADHANI
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:00
Last Modified: 05 Mar 2019 03:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item