Priambodo, Wahyu (2016) Aplikasi perangkat lunak order to invoice untuk Klinik Fisioterapi dengan banyak cabang (Studi Kasus CV. Hasta Husada, Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5210100120-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
Abstract
Klinik Hasta Husada memiliki 120 fisioterapis yang tersebar di lima cabang di Seluruh Surabaya, dua diantaranya bekerjasama dengan RS Putri dan RS Husada Utama. Pencatatan reservasi secara manual menyebabkan jadwal dari fisioterapis menjadi sulit dimonitor dengan baik. Lebih lanjut, apabila ada cabang yang memerlukan tambahan fisioterapis, maka cabang tersebut harus menanyakan ketersediaan fisioterapis di cabang lain melalui telepon. Hal ini menyebabkan rendahnya resposiveness klinik terhadap permintaan pasien. Pada bagian ini, biasanya klinik membutuhkan waktu antara 30 sampai 60 menit untuk mengetahui ketersediaan fisioterapis. Lebih jauh, karena sistem reservasi masih bersifat manual, maka proses invoicing (tagihan) sering tidak melibatkan data saat reservasi. Operator akan menulis tagihan kembali dengan menanyakan kepada pasien nama dan layanan yang dikonsumsi oleh pasien. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan fraud, utamanya jika
pasien tidak bersikap jujur terhadap layanan yang
dikonsumsinya. Untuk itu perlu dibangun sebuah aplikasi perangkat lunak order to invoice yang dapat mengelola reservasi dengan mengakomodasi penjadwalan fisioterapis.
Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi order to
invoice adalah medote Waterfall yang dimulai dari tahapan
penggalian kebutuhan hingga tahapan ujicoba aplikasi. Hasil yang diharapkan dari tugas akhir ini adalah aplikasi perangkat lunak order to invoice yang dapat digunakan oleh Klinik Hasta Husada dalam mengelola reservasi dan invoice.
=================================================================
Clinic Hasta Husada has 120 physiotherapists spread across
five branched in Surabaya, two of them in coorperation with
Putri Hospital and Husada Utama Hospital. Recording
reservation manually causing the schedule of the
physiotherapist can be carefully monitored. Furthermore, if the
branches must require additional physiotherapist, then the
branches must inquire the availability of physiotherapist in
other branches over the phone. This caused the low
responsiveness clinic to patients request, it takes 30 to 60
minutes to determine the availability of a physiotherapist.
Furthermore, because of the reservation system is still manual,
the process of invoicing (billing) often do not involve data when
the reservation.
The operator will write the bill back by asking the patient’s
name and services consumed by the patient. This of course can
lead to fraud, especially if the patient is not being honest with
the service is consumed.
It is necessary to build a software application order to invoice
to manage the reservation to accommodate schedulling
physiotherapist.
The method used to build applications is waterfall method that
starts from stage to stage trial excavation applications needs.
The expected outcome of this thesis is a software application
order to invoice that can be used by Clinic Physiotherapy Hasta
Husada to manage the reservation and invoice.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | physical therapy; reservation; invoice |
Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | WAHYU PRIAMBODO - |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 03:56 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:21 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/2227 |
Actions (login required)
View Item |