Studi Kelayakan Jalan Tol Bawen-Salatiga Ditinjau Dari Segi Lalu Lintas Dan Ekonomi

Nugraha, Adhitya Budi (2017) Studi Kelayakan Jalan Tol Bawen-Salatiga Ditinjau Dari Segi Lalu Lintas Dan Ekonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114106029-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3114106029-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk dan ekonomi di kota Semarang dan Solo menyebabkan mobilisasi antar kedua kota tersebut ikut meningkat, hal ini berdampak makin padatnya jalan yang menghubungkan kedua kota ini. Pemerintah berencana membangun Jalan Tol Semarang-Solo untuk mengatasi masalah transportasi yang ada. Salah satu ruas dari Jalan Tol Semarang-Solo yaitu Bawen-Salatiga, yang menghubungkan Bawen dan Kota Salatiga, ruas ini merupakan salah satu ruas terpadat terutama disaat libur panjang dan mudik lebaran. Berdasarkan latar belakang diatas, dilakukan studi kelayakan Jalan Tol Bawen-Salatiga.
Dalam tugas akhir ini, BCR, NPV, dan IRR adalah parameter yang ditinjau untuk menilai kelayakan Jalan Tol Bawen-Salatiga. Nilai manfaat yang diharapkan dengan adanya pembangunan Jalan Tol Bawen-Salatiga adalah penghematan BOK dan penghematan Nilai Waktu. Untuk perhitungan BOK dan Nilai Waktu menggunakan metode Jasa Marga.
Untuk perhitungan analisa kelayakan ekonomi diperoleh nilai BCR= 3,18 > 1, NPV= Rp 3.362.665.947.540,00 > 0, dan IRR= 12,26 > 7,12%. Dari hasil analisis tersebut Jalan Tol Bawen-Salatiga dapat dinyatakann layak secara ekonomi.
==================================================================================================================
The growth of population and economic in Semarang City and Solo City increasing mobilization beetwen two cities. This affects increasingly congested road that linking two cities. The goverment plans to build Semarang-Solo toll road to overcome exixting transportation problems. One segmen of the Semarang-Solo toll road is Bawen-Salatiga, conecting Bawen and Salatiga City, this segment is one of the denset section, especially when a long holiday adn Lebaran. Based on the above, author took the initiative to undertake a feasibility study of the Bawen-Salatiga Toll Roaad.
In this final project, BCR, NPV, and IRR are parameters that reviewed to assess the feasibility of Bawen-Salatiga Toll Road. Value of benefit expected with the project of Bawen-Salatiga Toll Road BOK savings ang Time Value Savings. For the calculation of BOK and Time Value using Jasa Marga method.
From Calculation of the economic feasibility analysis obtained values BCR= 3,18 > 1, NPV= 3.362.665.947.540,00 > 0 and IRR= 12,26>7,12%. From the analysis of the Bawen-Salatiga Toll Road may otherwise be economically viable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Ekonomi, Jalan Tol Bawen-Salatiga
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adhitya Budi Nugraha
Date Deposited: 23 Mar 2017 04:14
Last Modified: 05 Mar 2019 07:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item