Studi Kinerja 802.11p Pada Protokol AD HOC On-Demand Distance Vector (AODV) Di Lingkungan Vehicular Ad Hoc Network (VANET) Menggunakan Network Simulator 2 (NS-2)

Rahardjo, Ilmal Alifriansyah (2016) Studi Kinerja 802.11p Pada Protokol AD HOC On-Demand Distance Vector (AODV) Di Lingkungan Vehicular Ad Hoc Network (VANET) Menggunakan Network Simulator 2 (NS-2). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5110100077-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5110100077-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia jaringan nirkabel sudah tidak asing dengan salah satu konsep yang memungkinkan komunikasi antar kendaraan (inter-vehicle) dan komunikasi antara kendaraan dengan infrastruktur dis sekitar jalan (vehicle-to-roadside). Konsep ini juga merupakan subset dari dari Mobile Ad-Hoc Network (MANET), yaitu Vehicular Ad-hoc Network (VANET). Pada VANET kendaraan yang ada bertindak sebagai node pada suatu jaringan. VANET terdiri dari banyak node yang juga berfungsi sebagai router. Berbeda dengan MANET, tingkat mobilitas pada VANET lebih tinggi.
VANET termasuk ke dalam jaringan komunikasi nirkabel dimana komunikasi terjadi melalui link nirkabel yang dipasang di setiap node. Tiap node pada VANET berlaku baik sebagai partisipan ataupun router pada jaringan, baik bagi node utama atau neighborhood node yang berkomunikasi di dalam radius transmisi dari VANET tersebut. Tujuan utama dari adanya VANET ini adalah nantinya dapat digunakan untuk menciptakan dan menyediakan aplikasi-aplikasi transportasi untuk mendukung
keamanan maupun kenyamanan bagi pengendara. Hal ini tentunya memerlukan implementasi protokol routing yang sesuai dengan karakteristik dari VANET dimana kendaraan-kendaraan yang notabene memiliki dinamika pergerakan node yang tinggi dalam suatu jaringan.
Adapun routing protokol pada jaringan nirkabel ini sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu proaktif, reaktif dan hybird. Telah diketahui bahwa routing protokol reaktif memiliki kinerja yang yang lebih baik daripada proaktif pada suatu jaringan dengan mobilitas tinggi. Salah satu protokol routing reaktif yang telah teruji dalam VANET adalah routing protokol Ad hoc On-Demand Distance Vector (AODV). Dan pada Tugas Akhir ini dilakukan analisa performa dari routing protokol Ad hoc On-Demand Distance Vector (AODV) tersebut dengan parameter 802.11p dalam lingkungan VANET.
Dari percobaan Tugas Akhir ini dihasilkan suatu performa bahwa routing protokol AODV dengan parameter 802.11p pada skenario riil mengalami peningkatan nilai rata-rata pada packet deliery ratio dan routing overhead dan mengalami penurunan nilai rata-rata pada delay seiring dengan bertambahnya kepadatan kendaraan dibandingkan dalam skenario grid.============================================================================================= In the world of wireless networks are no stranger to one of them that allows communication between a vehicle (inter-vehicle) and communication between a vehicle to infrastructure in about the way (vehicle-to-roadside) .This concept is also is a subset of of mobile ad-hoc network (MANET), which is vehicular ad-hoc network (VANET) .In VANET vehicles act as node in a network .VANET consisting of many node which also functions as router .Different from MANET, the mobility in VANET is higher than in MANET
Vanet part of the wireless communications networks where the communication occurs wireless through the links installed in each node .Every nodes on VANET applies well as participants or router on the network, good for nodes primary or neighborhood nodes that are communicate in the transmission of the VANET. The main purpose of the VANET is will be used to provide some applications for transportation to support security and comfortability for road users .This obviously need of the protocol routing according to characteristic of VANET where vehices that having the dynamics of movement nodes high in a network .
However, routing protocol on wireless networks are divided into three, namely proactive, reactive and hybird.Have been known that routing reactive protocol have a better than proactive at a network with high mobility.One protocol routing reactive who has useful in vanet protocol is routing ad hoc on-demand distance vector (AODV).And in the late analysis protocol performance of routing ad hoc on-demand distance vector (AODV) the parameters 802.11p in the environment VANET.
Experiment duty from the end of this produced a performance that routing protocol AODV with parameters 802.11p on real scenario increased average value on packet deliery ratio and routing overhead and experienced a decline in the value of the average delay along with increasing density of vehicles compared in scenario grid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: VANET; AODV; 802.11p; Network Simulator; NS-2.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ILMAL ALIFRIANSYAH RAHARDJO
Date Deposited: 10 Mar 2017 09:41
Last Modified: 10 Mar 2017 09:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item