LESTARI, MAHESTI AYU (2017) PEMBUATAN WORK INSTRUCTION SOLUSI PENANGANAN INSIDEN KRITIS LAYANAN TI PADA UNIT - UNIT ITS SURABAYA DENGAN PENILAIAN MENGGUNAKAN METODE FMECA DAN ANALISA MENGGUNAKAN METODE RCA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5213100061-Undergraduate_Theses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan Teknologi Informasi pada organisasi telah menjadi salah satu hal penting dalam membantu menjalankan proses bisnis Teknologi Informasi yang biasa diberikan dalam bentuk sebuah layanan dengan harapan layanan tersebut dapat membantu membuat proses bisnis organisasi menjadi lebih efektif dan efisien. Termasuk juga pada seluruh unit yang ada pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, unit – unti yang ada dalam ITS akan menggunakan layanan sistem informasi dan infrastruktur untuk mendukung proses belajar mengajar yang berlangsung juga proses bisnis di unit masing – masing.
Pengelolaan layanan Teknologi informasi yang diterapkan di unit – unit akan dilaksnakan oleh service desk sebagai fungsi yang ditugaskan untuk menjalankan dan memelihara layanan TI yang diterapkan. Selain pengelolaan layanan TI, tugas lain dari service desk yang ada pada unit ITS juga untuk dapat menyelesaikan berbagai insiden yang terjadi. Tetapi terdapat beberapa proses pengelolaan dan penanganan insiden pada unit – unit ITS yang tidak mengalami keseragaman sehingga meningkatkan risiko kegagalan dan kesalahan yang terjadi selama proses dilaksanakan.
Pembuatan sebuah WI akan menjadi cara dalam menyelesaiakan permasalahan yang ada. Dengan mengacu pada dokumen ini, diharapkan penanganan insiden dapat berjalan sesuai dengan standar dan dapat mengurangi dampak risiko yang ditimbulkan akibat dari adanya kegagalan dan kesalahan yang terjadi. Work instruction ini nantinya akan berisi petunjuk mengenai bagaimana sebuah langkah kerja atau aktifitas yang harus dilakukan untuk melaksanakan penanganan insiden yang terjadi.
Pembuatan WI nantinya akan didasarkan pada daftar insiden yang pernah terjadi di unit-unit yang ada pada ITS untuk selanjutnya dianalisa sehingga didapatkan cara yang efektif dan efisien dalam menangani insiden yang terjadi.
Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian atau tugas akhir ini adalah sebuah WI dan nantinya dapat menjadi panduan bagi unit dalam melaksanakan penanganan insiden yang mungkin terjadi sesuai dengan kerangka kerja ITIL V3.
==============================================================================
The use of Information Technology in the organization has become one of the important things in helping run the Information Technology business process that usually given in the form of a service in the hope of these services can help organizations make business processes more effective and efficient. Also included in all units at the Institute of Technology. In implementing the learning process, the units in ITS will use the service information systems and infrastructure to support the learning process that takes place is also the business processes in their each units.
Information technology service management applied in the units will be done by the service desk as the functions assigned to run and maintain the IT services implemented. In addition to IT service management, service desk tasks other than that of the ITS unit also to be able to complete a variety of incidents. But there are some process management and incident on the unit - the unit ITS who did not have uniformity thus increasing the risk of failures and errors that occur during the process is carried out.
Making a Work instruction will be the way of resolving the existing problems. With reference to this document, expected to incident handling to run in accordance with the standards and to reduce the impact of risk that will result from their failures and mistakes. This work instruction will contain instructions on how a work steps or activities that must be done to carry out handling incidents.
Making the Work instruction will be based on a list of incidents that have occurred in units that exist in ITS to further analyzed to obtain an effective and efficient in handling incidents.
The final products resulting from research or thesis is a work instruction and later can be a guide for the handling units in implementing incidents that may occur in accordance with the ITIL V3 framework and information technology infrastructure standard that related with the implementation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | service management, IT service, incident management, ITIL, Root Cause Analysis, FMEC, Work instruction,WI. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | MAHESTI AYU LESTARI |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 07:28 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 07:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
View Item |