Afif, Avindra Hilmi (2017) Evaluasi terminal keberangkatan domestik Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3114106031-Undergraduated_Theses .pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Terminal penumpang merupakan salah satu komponen utama dalam sistem bandar udara karena terminal penumpang merupakan tempat berlangsungnya seluruh kegiatan penumpang. Kinerja terminal penumpang ini perlu dievaluasi secara berkala seiring dengan pertambahan jumlah masyarakat yang menggunakan pesawat terbang sebagai salah satu moda transportasi. Oleh karena itu, check-in area, ruang tunggu keberangkatan yang merupakan bagian dari terminal internasional Bandar Udara Internasional Juanda perlu dievaluasi kinerjanya berdasarkan kondisi eksisting yang dibandingkan dengan peraturan-peraturan bandara saat ini.
Tugas Akhir ini menganalisa kebutuhan jumlah check-in counter dan security check-in berdasarkan survei langsung dan berdasarkan SKEP/77/VI/2005 dengan menggunakan peraturan SNI 03-7046-2004, serta membandingkan penumpang jika menggunakan peak hour dan penumpang rata-rata harian, dan melakukan kebutuhan setelah forecasting untuk tahun 2028.
Hasil perhitungan dari Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa counter check-in yang dibutuhkan jika berstandarkan SNI 03-7046-2004 ialah 45 loket untuk waktu pelayanan minimum dan 75 untuk waktu pelayanan maksimum,sedangkan loket eksisting yang tersedia berjumlah 31 loket. Jika menggunakan jumlah penumpang rata-rata harian sesuai dengan jam beroprasinya maka dibutuhkan 22 loket check-in dan 34 loket check-in untuk waktu pelayanan maksimumnya. Di ruang tunggu keberangkatan, Level of Service ruang tunggu A3-A4 ada dalam kategori D. Sedangkan untuk A5 ada pada kategori A dan A6-A9 pada kategori B. Untuk security check-in jika dilakukan menurut perhitungan FIFO berdasarkan data survei langsung dibutuhkan 5 security check-in , sedang jika dilakukan perhitungan menurut rumus dari SNI maka dibutuhkan 6 security check-in, sedangkan yang tersedia saat ini hanya 4 security check-in.
==================================================================================================================
The passenger terminal is one of the main components in the system for the passenger terminal aerodrome is the venue for all activities of the passengers. The passenger terminal performance needs to be evaluated regularly by an increasing number of people using aircraft as a mode of transportation. Therefore, the check-in area, departure lounge, which is part of the international terminal of Juanda International Airport should be evaluated based on their performance compared to the existing condition current airport.
This final project analyzes the needs of check-in counters and security check-in based on direct surveys and based on SKEP/77/VI/2005 using SNI 03-7046-2004 regulations, as well as comparing the passenger if the passenger uses peak hour and daily average and perform needs after forecasting for 2028.
The results of this final project shows that the counter check-in needed based on SNI 03-7046-2004 are 45 counters for minimum service time and 75 for maximum service time, while the existing counters provided amounting to 31 counters. If using the average number of passengers daily according to time oprational then the required 22 check-in counters and 34 check-in counters for maximum service time. In the departure lounge, Level of Service waiting room A3-A4 are in category D. As for the A5 is in category A and A6-A9 in category B. For the security check-in if it according to the FIFO calculation based on survey data directly required five security check-in, while if the calculation according to the formula of SNI is needed 6 security check-in, whereas currently available only 4 security check-in.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terminal penumpang; Bandara; Terminal passanger; Hang Nadim Airport Batam |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | AVINDRA HILMI AFIF |
Date Deposited: | 24 Mar 2017 04:35 |
Last Modified: | 24 Mar 2017 07:09 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/2509 |
Actions (login required)
View Item |