YUDHISTIRA, ALI REZA (2017) ANALISA CUSTOMER CHURN PADA PERUSAHAAN INTERNET SERVICE PROVIDER XYZ MENGGUNAKAN BACKPROPAGATION NEURAL NETWORK. Masters thesis, Institut teknologi Sepuluh Nopember.
Text
9114205412-Master_Theses.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Jumlah pengguna internet di seluruh dunia cenderung meningkat secara eksponensial. Hal tersebut menjadi peluang untuk perusahaan yang bergerak pada Internet Service Provider (ISP). Salah satu ISP di Surabaya, ISP xyz, pelanggannya melakukan churn setiap bulannya. Churn tersebut membawa kerugian berupa pengurangan pendapatan bagi perusahaan tersebut. ISP xyz ingin mengetahui prediksi pelanggan akan melakukan churn dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi.
Pada penelitian ini, analisis customer churn pada perusahaan penyedia layanan internet dilakukan dengan teknik data mining dengan metode neural network, karena neural network menghasilkan output yang lebih baik dari pada metode lainnya. Neural network tersebut akan digabungkan dengan model backpropagation dengan fungsi sigmoid biner. Keunggulan Backpropagation Neural Network terletak pada proses pembelajaran yang menggunakan sistem pembobotan, jika bobot tidak sesuai maka akan dilakukan pembelajaran lagi. Dengan menggunakan metode tersebut akan menghasilkan prediksi pelanggan akan melakukan churn yang lebih akurat.
Pada penelitian ini hasilnya adalah faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan pada customer yang melakukan churn adalah hasil survey 1, survey 2, dan survey 3 dengan tingkat akurasi dalam memprediksi sebesar 99.99%. Untuk mengurangi tingkat churn, maka penentuan strategi CRM adalah dengan meningkatkan customer experience dari pelanggan.
=============================================================================================== Number of Internet users worldwide is likely to increase exponentially. It is an opportunity for companies that specialize in Internet Service Provider (ISP). An ISP in Surabaya, ISP xyz, their customers do churn each month. Customer churn bring loss in revenue for the company. ISP xyz want to know the prediction when the customer will do churn and the factors that affect customer churn.
In this paper, customer churn analysis in Interne service provider company use data mining technique with neural network method, because it produce result better than the others. Neural network combined with backpropagation model and sigmoid biner function. Backpropagation neural network’s superiority is learning process that use weight rating point, if weight is not accurate it will do the learning process again. With that method, it will produce prediction customer churn result accurately.
The result of this research is the most signifanctly effected factor for customer churn are the result of survey1, survey 2, and survey 3 with accuracy rate 99.99% to predict customer churn. For reducing customer churn, stratey planning for CRM division is improving customer experience from the customer.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | customer churn, data mining, backpropagation neural network, Internet Service Provider (ISP) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | 61101-Magister Management Technology |
Depositing User: | ALI REZA YUDHISTIRA |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 01:16 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 01:07 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/2564 |
Actions (login required)
View Item |