Perencanaan Dermaga Untuk Kapal Multi Purpose Supply Vessel (Mpsv) / Platform Supply Vessel (Psv) 3.500 Dwt Dan Floating Pontoon Di Terminal Khusus Pt. Badak Ngl, Bontang

Nusantoro, Bayu Argo (2017) Perencanaan Dermaga Untuk Kapal Multi Purpose Supply Vessel (Mpsv) / Platform Supply Vessel (Psv) 3.500 Dwt Dan Floating Pontoon Di Terminal Khusus Pt. Badak Ngl, Bontang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112100097-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112100097-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Setiap tahunnya, konsumsi bahan bakar minyak nasional mengalami peningkatan. Sementara angka produksi bahan bakar minyak dari kilang di Indonesia masih berada di bawah konsumsi bahan bakar minyak rata – rata tiap tahun. Untuk mengurangi defisit produksi minyak tersebut, PT. Pertamina melakukan beberapa program, salah satunya yaitu program Grass Root Refinery. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi minyak dalam negeri dengan cara membangun kilang minyak baru. Salah satu kilang minyak yang akan dibangun berada di area PT. Badak NGL, Bontang.
Untuk menunjang kegiatan operasional kilang minyak, maka dibangun beberapa fasilitas di antaranya, dermaga Jetty 1, dermaga Jetty 2 dan SPM (Single Point Mooring). Selain itu, di dekat dermaga Jetty 1 juga akan dibangun dermaga untuk kapal MPSV / PSV 3.500 DWT dan floating pontoon. Dengan adanya pembangunan dermaga tersebut maka dibutuhkan perencanaan struktur dermaga yang memenuhi standar dan kriteria perencanaan yang akan dibahas dalam Tugas Akhir ini.
Hasil dari perencanaan struktur dermaga untuk kapal MPSV / PSV 3.500 DWT dan floating pontoon, didapatkan bahwa dermaga yang digunakan adalah tipe open pier yang memiliki dimensi panjang 100 m, lebar 18 m dan elewasi +3,5 mLWS. Selain itu direncanakan panjang trestle sepanjang 75 m, lebar 8 m dan elevasi +3,5 mLWS. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pembangunan struktur dermaga dan trestle ini menggunakan metode in-situ (in place). Sedangkan dari estimasi rencana anggaran biaya yang diperlukan untuk pembangunan seluruh fasilitas dermaga adalah Rp. 86.874.239.000,00 (delapan puluh enam milyar delapan ratus tujuh puluh empat juta dua ratus tiga puluh sembilan ribu rupiah).
==================================================================================================================
National fuel consumption increased each year. While the
figures of fuel production from refineries in Indosesia remain
below average fuel consumption of each year. To reduce the deficit
of the oil production, PT. Pertamina has conducted several
programs, one of which is the Grass Root Refinery program. The
program aims to increase domestic oil production by building a
new oil refinery. One of the refineries to be built is in the area of
PT. Badak NGL, Bontang.
To support the operations of the refinery, several facilities
are built such as pier of Jetty 1, pier of Jetty 2 and SPM (Single
Point Mooring). In addition, next to the pier of Jetty 1, a pier for
ships MPSV / PSV 3.500 DWT and a floating pontoon will also be
constructed. With the construction of the pier, a planning for the
pier structure that meets the planning standards and criteria will
be discussed in this final project.
The results of the structural design of the pier for MPSV /
PSV 3500 DWT and a floating pontoon, found that the pier used is
a type of open pier which has dimensions of length 100 m, width
18 m and elevation +3.5 mLWS. In addition, a trestle is planned
along 75 m, a width of 8 m and +3.5 mLWS elevation. Methods of
execution used in the construction of the pier and trestle structures
is using in situ (in place) method. While estimates of budget plan
to finance the entire dock facility is Rp. 86.874.239.000,00 (eighty
six billion eight hundred and seventy four million two hundred and
thirty nine thousand rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dermaga, Floating Pontoon, In-situ, Open Pier, Terminal Khusus.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - BAYU ARGO NUSANTORO
Date Deposited: 27 Mar 2017 04:26
Last Modified: 05 Mar 2019 07:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item