Perancangan Dan Analisa Karakteristik Traksi Sistem Powertrain Mobil Multiguna Pedesaan

Sunggono, Muhammad Sukma Wirayudha (2017) Perancangan Dan Analisa Karakteristik Traksi Sistem Powertrain Mobil Multiguna Pedesaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100103_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2111100103_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mobil Multiguna Pedesaan telah ada sebelumnya dirancang memiliki bentuk seperti mobil pick up. Mobil multigina pedesaan dirancang untuk dioperasikan diwilayah pedesaan yang tentunya memiliki medan jalan lebih beragam daripada medan jalan pada umumnya. Medan jalan yang dimaksud seperti tanjakan turunan curam, jalan berbatu, jalan berpasir, jalan yang basah, jalan sempit yang banyak ditemui didaerah perbukitan, pegunungan, dan pesisir pantai. Kondisi demikian membuat Mobil Multiguna pedesaan yang telah ada tidak cukup hanya sebagai mobil yang dapat mengangkut sekaligus mengolah hasil pertanian, akan tetapi mobil akan lebih sempurna jika dirancang dapat melewati medan sulit yang ada secara optimal.
Dalam penelitian ini dilakukan sebuah perancangan dan analisa terhadap komponen Power Train pada mobil multiguna pedesaan dengan rancangan baru yang dirancang dari kondisi awal. Mobil dirancang menggunakan engine Sinjay 2 dan referensi chassis Kawasaki Teryx. Perhitungan yang dilakukan meliputi mediasi aliran daya pasa sistem powertrain, memilih rasio – rasio yang ada, penyesuaian karakteristik antara engine dan transmisi. Setelah didapatkan parameter dari powertrain maka selanjutnya dilakukan perancangan layout dan tiap elemen dalam powertrain.
Dari hasil penelitian, untuk dapat menempuh medan tanjakan maksimal dan kecepatan maksimal yang diinginkan maka rasio transmisi yang digunakan berturut-turut 6.5 , 4.4, 2.8, dan 2 untuk rasio gigi 1 sampai 4, sedangkan untuk final drive digunakan rasio bernilai 5. Dengan rasio tersebut Mobil Multiguna Pedesaan akan memiliki kemampuan menanjak maksimal gradient jalan 44% dan akselerasi maksimal 2,8 m/s2. Penggunaan modifikasi sistem Transfer Case memungkinkan kendaraan untuk memindah daya engine untuk memutar mesin produksi lebih terintegrasi dan dapat beroperasi mode 4 Wheel Drive , sehingga Adhesion Limit saat mobil melaju pada jalan yang miring atau kontur jalan buruk meningkat dan meminimalkan terjadinya slip pada roda sehingga mobil lebih handal melewati berbagai kondisi jalan pedesaan.
==================================================================================================================
Already Rural multipurpose vehicle designed with pickup car shape. Rural multipurpose vehicle designed to be operate in countryside territory which have diverse terrain. The terrain such as climbs, steep slope, rocky roads, sandy roads, wet roads, narrow paths that were encountered areas of hills, mountains, and coastal. This condition make already rural multipurpose vehicle must design not only for support production purpose but also must designed to operate in the diverse terrain successfully.
In this research, design and traction characteristics analysis of rural multipurpose vehicle powertrain system which use Sinjay 2 as the engine and Kawasaki Teryx as the chassis done. The calculation process are mediating the power flow, power conversion, selection ratio, matching engine and transmission. After the parameter available the next step are design the layout and each machine element on powertrain.
From the research result, for the climbing performance purposed and based on desired maximum velocity the transmission system must be have ratio value 6.5 , 4.4 , 2.8, and 2 for each 1st until 4th gear. The ratio 5 is used in final drive. These ratio make the rural multipurpose vehicle have maximum gradeability 44% of the road gradient slope and the maximum acceleration performance is 2.8 m/s2. The use of Transfer Case system make the car have ability switch the power to drive the production machine and switch the power into 4 wheel drive mode more integrated. The use of 4 whell drive mode make adhesion limit value increased when the car drives on bad track contour or drives on track with slope. Therefore the car is more reliable to operate in countryside territory because the slip condition have minimized.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layout, , Machine Element Design , Matching engine and Transmission, Mediating the Power Flow, Power Conversion, Selecting Ratio
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MUHAMMAD SUKMA WIRAYUDHA SUNGGONO
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:35
Last Modified: 06 Mar 2019 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item