Nazalaputra, Mohamad Faridz (2017) Penentuan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Park & Ride Sebagai Fasilitas Pergerakan Komuter Pada Koridor Bekasi-Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3612100056 - Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Setiap hari penduduk di DKI Jakarta bertambah hingga 1.382.296 jiwa pada siang hari. Kota Bekasi menyumbang jumlah komuter terbanyak di DKI Jakarta yaitu sebanyak 460.069 jiwa. Kereta rel listrik (KRL) merupakan moda transportasi yang cukup efisien untuk melayani pergerakan komuter di Koridor Bekasi-Jakarta. Sebanyak 31.373 memilih KRL sebagai moda transportasi pergerakan, namun pergerakan dari Kota Bekasi menuju DKI Jakarta masih didominasi oleh pengguna kendaraan pribadi yaitu sebesar 331.244 jiwa. Park & ride merupakan sebuah fasilitas penunjang moda transportasi KRL yang dapat mengalihkan pengguna pribadi untuk menggunakan moda transportasi KRL. Dalam optimalisasi fasilitas park & ride, perlu dilakukan penelitian untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan park & ride pada Koridor Bekasi-Jakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan park and ride untuk mendorong komuter menggunakan KRL koridor Bekasi – Jakarta. Tahapan penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu identifikasi karakteristik parkir yang tersedia pada stasiun asal (Bekasi dan Kranji) KRL Koridor Bekasi-Jakarta dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, identifikasi karakteristik perilaku pergerakan komuter yang menggunakan park and ride pada Koridor Bekasi – Jakarta dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan fasilitas park and ride sebagai prasarana pendukung KRL Koridor Bekasi – Jakarta dengan menggunakan analisis crosstab dan korelasi bivariat.
Berdasarkan hasil analisis, faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pemilihan park & ride sebagai fasilitas pergerakan komuter pada Koridor Bekasi-Jakarta adalah faktor biaya parkir, lama parkir, kenyamanan fasilitas parkir, jenis pekerjaan, maksud perjalanan, waktu tempuh KRL, jarak tempat tinggal menuju stasiun asal, jarak tempuh KRL, biaya perjalanan dan penggunaan moda pada stasiun pemberhentian. Dari 10 faktor tersebut, faktor maksud perjalanan memiliki pengaruh paling besar terhadap pemilihan park & ride sebagai fasilitas pergerakan komuter.
==================================================================================================================
Every day the population in Jakarta increased to 1,382,296
inhabitants during the day. The city of Bekasi accounted for the largest
number of commuters in Jakarta that is as much as 460,069 inhabitants.
Light rail transportation called KRL (Keretz Api Rel Listrik) is an efficient
mode of transportation to serve the movement of commuters in corridor of
the Bekasi-Jakarta. As much as 31,373 inhabitants chose KRL as a mode of
transportation movement, but the movement from the city of Bekasi towards
Jakarta still dominated by single occupancy vehicles users amounted to
331,244 inhabitants. Park & ride is a public transportation supporting
facilities that transfer single occupancy vehicle user to use high occupancy
vehicle (HOV) (e.g., KRL). In the optimization of park & ride facilities,
research to find the factors that affect the use of the park ride in corridor of
Bekasi-Jakarta is needed.
The purpose of this research is to determine which factors that
affect the use of the park and ride to encourage commuters using KRL in
corridor Bekasi – Jakarta. Phases of this research consists of 3 stages (1)
identification of the characteristics of the parking availability at the station
of origin (Bekasi and Kranji) KRL Bekasi-Jakarta Corridor by using
descriptive statistical analysis, (2) identification of travel behavior
characteristic of commuters who use the park and ride in corridor of Bekasi
– Jakarta by using descriptive statistical analysis and (3) analysis of factors
that affect the use of the park and ride facilities as the supporting
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Park & ride, faktor pengaruh |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - MOHAMAD FARIDZ NAZALAPUTRA |
Date Deposited: | 02 May 2017 06:29 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 04:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/3519 |
Actions (login required)
View Item |