ANALISIS TEGANGAN AKIBAT BEBAN GELOMBANG PADA STRUKTUR KAPAL PERANG TIPE COREVETTE

ARIANTO, PRATAMA YULI (2016) ANALISIS TEGANGAN AKIBAT BEBAN GELOMBANG PADA STRUKTUR KAPAL PERANG TIPE COREVETTE. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4112100043-Abstract.pdf]
Preview
Text
4112100043-Abstract.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 4112100043-Conclusion.pdf]
Preview
Text
4112100043-Conclusion.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 4112100043-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4112100043-Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peningkatan sektor pertahanan nasional merupakan suatu hal yang penting dalam mempertahankan kedaulatan suatu negara. Salah satu diantaranya adalah dengan membuat Alat Utama Sistem Pertahanan Negara (ALUTSISTA) berupa kapal perang yang memiliki kecepatan tinggi, maneuver dan kekuatan struktur yang bagus. Ketika terjadi interaksi antara struktur kapal dengan beban gelombang maka akan muncul suatu tegangan. Jika tegangan yang dihasilkan melebihi batas tegangan yang diijinkan maka akan membahayakan dan merusak struktur kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji desain lambung dan kekuatan struktur kapal untuk daerah operasional di perairan Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata gelombang 3-5 m dan menurut standar Germanischer Lloyd (GL) dengan tinggi rata-rata gelombang 6 m. Pembahasan dititikberatkan pada analisis gerakan kapal untuk mengetahui kekuatan struktur kapal akibat adanya beban gelombang. Analisis dilakukan dengan melakukan pemodelan numerik dengan metode panel. Skenario divariasikan berdasarkan sudut hadap 900, 1350, 1800 dan tinggi gelombang signifikan 3, 4, 5 dan 6 m. Dari hasil simulasi didapatkan besar gaya lintang maksimal pada gerakan heaving dan momen lengkung maksimal pada gerakan pitching, yang terjadi pada midship section ketika tinggi gelombang 6 m dan sudut hadap 1800. Tegangan terbesar kapal terjadi ketika kondisi sagging dan hogging maksimal yang terletak pada midship section frame 88 sebesar 231,89 N/mm2 dan memenuhi persyaratan tegangan izin berdasarkan GL rules.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.823 Ari a
Uncontrolled Keywords: Beban Gelombang, Kapal Perang Corvette, Struktur kapal, Sudut Hadap, Tegangan, Tinggi Gelombang
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: PRATAMA YULI ARIYANTO
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:30
Last Modified: 26 Oct 2016 07:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item