Analisis Peforma Modifikasi Propeller Ka-70 Menjadi Hubless RIM Driven Propeller Mengunakan CFD

Firdaus, Syamsi (2017) Analisis Peforma Modifikasi Propeller Ka-70 Menjadi Hubless RIM Driven Propeller Mengunakan CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100070_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4211100070_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan duct yang mengelilingi propeller sudah digunakan secara komersil. Duct tersebut dapat memberikan efisiensi lebih baik dan juga melindungi propeller dari hantaman fisik. Hingga ditemukannya RDP (Rim Driven Propeller) dan digunakan pada kapal USSR Valery Chalov dan Rodina (Lebedev, 1969). RDP menempatkan bilah propeller tersambung tetap pada rumahnya yang disebut rim atau dalam kata lain, pusat penggerak berada pada rim, bahkan ada jenis RDP yang tidak menggunakan hub. Pada RDP yang tersedia, blade yang digunakan adalah tipe blade yang non konvensional. Pada penulisan tugas akhir ini akan membahas tentang Analisa perancangan dari propeller Kaplan Ka-70 yang dimodifikasi menjadi hubless RDP. Pada skripsi ini yang divariasikan adalah nilai J dengan putaran yang sama. Variasi nilai J diterapkan pada seluruh RDP dengan bilah yang berbeda (blade 3,4,dan 5). Analisa menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Kemudian diketahui KT dan KQ terbesar pada tiap J terjadi pada RDP blade 5 dan efisiensi tertinggi pada tiap angka J terjadi pada blade 3 dengan effisiensi puncak sebesar 0,646.
==================================================================================================================
The use of duct surrounding the propeller is already used commercially. Propeller Duct can provide better efficiency and also protects the propeller. RDP (Rim Driven Propeller) found and used on ships USSR Valery Chalov and Rodina (Lebedev, 1969). RDP propeller blades are connected remains at his home called rim and the propeller drive came from rim. On current RDP, blade used is the type of non-conventional blade. In this thesis will discuss the design analysis of Kaplan propeller Ka-70 is modified into hubless RDP. This thesis varied is the value of J with the equal rotation, a variation value applied to the entire RDP with different number of blades (blade 3,4, and 5). Analysis using Computational Fluid Dynamics (CFD) software. The largest value of KT and KQ at each J occurs in RDP blade 5 and the highest efficiency at each number J occurs on the blade 3 with a peak efficiency of 0.646.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Propeller, Kaplan, RDP, KT-KQ-J,
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - SYAMSI FIRDAUS
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:40
Last Modified: 08 Mar 2019 07:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item View Item