Khaerunnisa, Sonya (2017) Kualitas Jalan Sebagai Ruang Terbuka Publik Pada Koridor Heritage Jalan Rajawali Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3611100061-Undergraduate-Theses.pdf - Accepted Version Download (16MB) | Preview |
Abstract
Ruang publik merupakan aset utama bagi livability dan
perekonomian kota. Jalan merupakan ruang publik yang paling mudah diakses. Jalan tak hanya berfungsi sebagai jalur sirkulasi tetapi juga ruang sosial yang dapat merepresentasikan kehidupan dan Identitas Kota. Kota Lama Surabaya berperan penting dalam merepresentasikan
identitas Kota Surabaya sebagai “Kota Pahlawan”. Pemanfaatan ruang terbuka publik “street” pada Jalan Rajawali di Kawasan Kota Lama Surabaya belum dioptimalkan, padahal berpotensi sebagai city entries atau pintu masuk Kawasan Kota Lama Surabaya.
Mengembalikan peran jalan sebagai ruang publik merupakan solusinya yakni dengan mengoptimalkan fungsinya sebagai tempat masyarakat bersosialisasi dan beraktivitas, serta mengintegrasikan kebutuhan pejalan kaki dengan pembangunan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas ruang terbuka publik pada koridor heritage Jalan Rajawali, sehingga dapan menjadi bahan pertimbangan alternatif dalam menentukan strategi pengembangan jalan sebagai ruang terbuka
publik.. Sasaran yang disusun adalah mengidentifikasi karakteristik fisik pembentuk ruang koridor Jalan Rajawali sebagai ruang tebuka publik dan kemudian mengidentifikasi pola aktivitas pemanfaatan
ruang baik bagi orang maupun kendaraan. Hasil akhir dari penelitian adalah sebagai berikut: Terdapat 4 kualitas keterlingkupan yang dimiliki Jalan Rajawali yakni kuat, lemah, semu dan tidak terdefinisi; Berdasarkan kualitas karakter fasad bangunannya terdapat 2 penggalan yang paling tidak sesuai dengna karakter koridor heritage
yakni penggalan 1 dan penggalan 2; Pola aktivitas pemanfaatan ruang koridor Jalan Rajawali di hari kerja sampai sabtu cenderung dimanfaatkan sebagai ruang terbuka publik pada malam hari, sedangkan hari minggu hanya aktif di pagi hari; Aktivitas kendaraan pada Jalan Rajawali memiliki nilai Level Of Service (LOS) B dan C
pada saat hari libur (Sabtu dan Minggu), sedangkan saat hari kerja memiliki LOS D hingga E.
==================================================================================
Public space is a primary asset for livability and city economy.
Street is one of the accessible public spaces. Street is not only functioned
as circulation but also social space that represents city life and identity.
Kota Lama Surabaya has important roles to represent the identity of
Surabaya as “Kota Pahlawan”. Utilization in Jalan Rajawali, Kota
Lama Surabaya Area as street public open space hasn't been optimized,
besides its potential as city entries Kota Lama Surabaya Area. Restoring
street role as public space is the solution by optimizing its function as a
place for social activity, also integrating pedestrian need with local
development. This research aims for knowing public open space quality
in heritage corridor Jalan Rajawali, thus can be alternative
consideration for deciding the strategy of street development as public
open space. The first objective is to identify space maker physical
characteristic corridor Jalan Rajawali as public open space, then to
identify space utilization activity pattern for people and vehicles. The
results of this research are: There are four affordable quality owned by
Jalan Rajawali which are strong, weak, false, and undefined; based on
building facade quality characteristic there are 2 fragments do not fit
the most with heritage corridor characteristic that is fragment 1 and 2;
Activity pattern of corridor space Jalan Rajawali utilization on weekday
until Saturday tends to be used as public open space at night, while in
Sunday just active at morning; Vehicle activity on Jalan Rajawali has
Level Of Service (LOS) B and C on weekend (Saturday and Sunday),
while on weekday has LOS D up to E.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas enclosure; ruang terbuka publik; livability |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | SONYA SONYA KHAERUNNISA |
Date Deposited: | 03 May 2017 06:09 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 07:25 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/3897 |
Actions (login required)
View Item |