Analisis Performansi Jembatan Rangka Baja Tipe Warren akibat Variasi Beban Berjalan

Lazuarfy, Dhias Pratama (2017) Analisis Performansi Jembatan Rangka Baja Tipe Warren akibat Variasi Beban Berjalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2412100022-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
2412100022-Undergraduate-Theses.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bridge is the main infrastructure of transportation system,
widely known as connector between rivers and cliffs. National
bridges have been aged rapidly, this structural damage is caused
by variated load characteristic and random forces on bridges. In
that case, we conduct an analysis to the most used truss bridges
type in Indonesia, Warren Truss. Validation of mathematical and
simulation method on beams, trusses, and modal analysis gives
similar results, with maximum error 0,72%, 1,078%, and 0,35%,
consecutively. In static verification, it’s known that maximum
deformation is 44,965 mm and maxiumum combined stress is
134,32 MPa. From that result, we can conclude that this bridge is
appropriate to National Standards of Indonesia. In dynamic
simulations, we used variated number of trucks from 1, 2, 4, 6,8,
10, and 12 trucks, and variaated speed of 5, 10, and 20 m/s. From
modal analysis, the natural frequency is 2,6172 Hz. Dynamic
simulation showed the maximum stress of 0,4401 MPa is happened
on 12 trucks with 5 m/s speed. Maximum acceleration (767,97
mm/s2) and average acceleration (82,42 mm/s2) is happened on 12
trucks with 20 m/s speed. Almost all variations generate
frequencies that dissimilar to naural frequency, except on 2 trucks
with 10 m/s speed which generates 2,641Hz.
====================================================================================================
Jembatan merupakan infrastruktur vital dalam sistem
transportasi, yaitu sebagai media penyeberangan sungai, maupun
penghubung antar-tebing. Jembatan di berbagai negara mengalami
penuaan secara cepat, kerusakan struktural ini diakibatkan oleh
perubahan karakteristik beban dan gaya acak pada jembatan. Oleh
karena itu dilakukan analisis terhadap jembatan truss yang paling
umum di Indonesia, yaitu tipe Warren. Validasi matematis dan
simulasi Ansys pada beam, truss, dan modal analysis
menghasilkan nilai yang hampir mendekati, dengan error
maksimum berturut-turut sebesar 0,72%, 1,078%, dan 0,35%.
Setelah melakukan verifikasi kelayakan statis, diperoleh deformasi
maksimum adalah 44,965 mm, dan tegangan maksimum adalah
134,32 MPa. Dengan demikian, jembatan ini sudah memenuhi
kelayakan SNI. Pada simulasi dinamis, digunakan variasi jumlah
kendaraan sebanyak 1, 2, 4, 6, 8, 10, dan 12 truk dengan kecepatan
5, 10, 20 m/s. Dari analisis modal, diperoleh frekuensi 2,6172 Hz
sebagai frekuensi yang paling berpotensi mengguncang jembatan.
Hasil simulasi dinamis menunjukkan bahwa nilai tegangan
maksimum sebesar 0,4401 MPa terjadi pada beban 12 truk
berkecepatan 5 m/s. Akselerasi maksimum (767,97 mm/s2) dan
rata-rata (82,42 mm/s2) yang terbesar terjadi pada beban 12 truk
berkecepatan 20 m/s. Hampir seluruh variasi menghasilkan nilai
frekuensi jembatan yang jauh dari frekuensi natural, kecuali pada
2 truk berkecepatan 10 m/s yang menghasilkan frekuensi 2,641 Hz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: beban berjalan, ansys, warren truss, AASHTO
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 06 Mar 2017 01:57
Last Modified: 06 Mar 2017 01:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41153

Actions (login required)

View Item View Item