Perancangan Video Promosi Taman Kota Surabaya

Agustario, Dendy (2017) Perancangan Video Promosi Taman Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100117-Undergraduate-Theses.pdf] Text
3412100117-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Surabaya adalah salah satu tujuan tempat wisata yang mengeksplor urban
lifestyle, sehingga kebanyakan wisatawan di Surabaya lebih memilih untuk berwisata
belanja ke mall. Padahal, taman kota Surabaya memiliki berbagai value dan keunggulan
sebagai tempat wisata. Permasalahan yang terjadi upaya promosi yang dilakukan
pemerintah belum maksimal juga tidak adanya media baru yang efektif dan mampu
menarik perhatian wisatawan, sehingga banyak yang belum mengetahui. Diperlukan
media promosi yang paling efektif yaitu dengan video. Keunggulan promosi melalui
video adalah karena memiliki jangkauan yang luas, dapat menyesuaikan dengan tren
media sosial, selain itu mampu mengemas pesan secara ringkas dan mudah dipahami.
Metode yang digunakan dalam perancangan ini diantaranya kuisioner,
wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Kuesioner dilakukan untuk
mendapat opini masyarakat terkait dengan kebutuhan audience. Wawancara mendalam
dilakukan kepada stakeholder dan narasumber yang berkompeten pada bidang video
promosi. Studi literatur dilakukan untuk mendapat pedoman atau teknik dasar dalam
proses pembuatan video promosi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dalam
value dan keunggulan masing- masing taman. Nantinya keseluruhan hasil riset dianalisa
untuk menghasilkan konsep yang matang. Pada akhirnya, konsep “Sparkling the green
city” dirasa sesuai dengan kebutuhan dan mampu menyelesaikan masalah.
Desain akhir dari perancaTabel 1ngan ini berupa 9 video taman kota Surabaya berdurasi
masing-masing 2-3 menit yang dikemas dengan gaya modern melalui pengambilan gambar yang
variatif, grafis yang menarik, dan informatif. Video ini memiliki konten menarik seperti fakta unik,
tagline, dan peta lokasi setiap taman agar audience tidak hanya mendapat keindahan taman,
tetapi juga pengetahuan akan value dan keunikannya.
==================================================================================================================
Surabaya is one of the tourist destinations that explores urban lifestyle, so most
travellers in Surabaya prefer to travel in the shopping mall. Whereas, the city park of
Surabaya has wide range of value and excellence as a tourist destination. The problem is
the promotion by the government has not done optimally. Also, no new media is
effective and able to attract the attention of tourists, so many people do not know.
Required an effective media campaign that uses video. The advantages of promotion
through the video is because it has a wide range, can adapt to the trend of social media,
but it is able to package the message in a concise and easily understood.
The method used in this design include questionnaires, depth interviews,
observation, and literature studies. The questionnaire was conducted to obtain public
opinion related to the needs of the audience. Depth interviews to stakeholders and
competent resource persons in the field of promotional videos. The literature study
conducted to obtain guidelines or basic techniques in the process of making a
promotional video. Observations conducted to gain insights into the value and
excellence of each parks. Later, the overall research results analyzed to produce a
mature concept. In the end, the concept of "Sparkling the green city" felt needs and is
able to resolve the problem.
The final design of this scheme in the form of 9 video Surabaya city park with a
duration of 2-3 minutes each are packed with modern style through the shooting varied,
attractive graphics, and informative. This video has interesting content such as unique
facts, tagline, and map the location of every garden so that the audience not only got
the beauty of the park, but also the knowledge of the value and uniqueness.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video, Promosi, Taman Kota, Surabaya
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 02:10
Last Modified: 29 Dec 2017 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41236

Actions (login required)

View Item View Item