Desain Ulang Peningkatan Ruas Jalan Babat – Bts. Jombang Sta 12+000 – 15+000 Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku

Imani, Nurul and Anamisa, Rizal (2017) Desain Ulang Peningkatan Ruas Jalan Babat – Bts. Jombang Sta 12+000 – 15+000 Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030163 - Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030163 - Non_Degree.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Transportasi adalah salah satu bagian dari kebutuhan dan kepentingan keseluruhan manusia yang disebabkan oleh adanya suatu sistem pergerakan atau perpindahan objek, baik berupa manusia ataupun barang dari satu tempat asal ke tempat tujuan yang dikehendaki. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan peningkatan jalan, di mana jalan itu sendiri merupakan prasarana perhubungan darat yang mempunyai peranan penting untuk memperlancar kegiatan ekonomi di suatu daerah. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan melaksanakan pembangunan peningkatan jalan di daerah Babat-Jombang Jawa Timur yang dikarenakan arus lalu lintas yang melewati semakin hari semakin bertambah padat.
Perencanaan Jalan Babat – Bts. Jombang ini direncanakan dengan perkerasan kaku Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan menggunakan MKJI tahun 1997 , perhitungan perencanaan tebal perkerasan kaku menggunakan petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan (Pd T-14-2003), perhitungan perencanaan tebal perkerasan lentur menggunakan, control geometric menggunakan perencanaan geometric jalan tahun 2004, perencanaan drainase dengan menggunakan Metode SNI-03-3424-1994, penggambaran geometrik jalan (Long Section dan Cross Section) pada segmen jalan yang direncanakan, perencanaan anggaran biaya menggunakan buku petunjuk teknis Harga Satuan Pokok (HSPK) 2015 dan perencanaan stabilitas lereng dengan metode peninjauan H kritis dari Dinas PU
Dari hasil perhitungan analisa kapasitas pada kondisi eksisting 2/2 UD dengan lebar jalan 3,5 m per lajur diperoleh DS > 0,75 pada UR 20 tahun dari tahun 2014 sampai 2034, sehingga perlu diadakannya pelebaran jalan pada awal umur rencana 2014 . Dari hasil analisa kontrol geometrik yang dilakukan, antara hasil yang diperoleh dengan data yang sudah ada mempunyai kesamaan (mendekati). Perencanaan Jalan Babat – Bts. Jombang menggunakan perkerasan kaku (Beton K-400) dengan tebal slab beton yaitu 28 cm diatas perkerasan lentur dan 31 cm dibagian pelebaran jalan. pondasi bawah berupa campuran beton kurus, yaitu lean concrete sebagai lantai kerja. Sambungan yang digunakan adalah Sambungan Beton Bersambung Tanpa Tulangan (BBTT) dengan ruji. Sambungan memanjang berupa tie bar, di mana pada tie bar tersebut menggunakan diameter 16 mm, jarak 750 mm, sedangkan pada sambungan melintang (dowel) menggunakan diameter 25mm, jarak 305mm. Perencanaan saluran tepi drainase menggunakan U-ditch atau beton Pracetak .Rencana anggaran biaya untuk perencanaan Jalan Jalan Babat – Bts. Jombang STA 12+000 – 15+000 adalah sebesar Rp33.114.000.000,-
===============================================================================================================================
Transport is a part of the overall needs and interests of humans caused by the existence of a system of movement or displacement of an object, whether it be human or goods from one point of origin to the desired destination. Therefore, we need a planning of the road, where the road itself is a land communications with an important role to facilitate economic activities in an area. One of the efforts to achieve this is by implementing the Redesign over lay babat – border. Jombang regency due to the flow of traffic through congested growing each day. Planning Eastern over lay babat – border. Jombang regency is planned with rigid pavement The method used in this way include the planning of road capacity analysis using MKJI 1997, the calculation of rigid pavement thickness design using the instructions Planning Rigid Pavement Thickness Road (Pd T-14-2003), geometric control using geometric planning of roads in 2004, the planning of drainage using SNI-03-3424-1994 method, geometric depiction street (Long Section and Cross Section) on the road segment is planned, Budget Plan using HSPK Surabya 2015, and implementation methods using PU technical manual of East Java. From the calculation of road capacity analysis on the condition of the existing main road 2/2 UD with a road width of 3.5 m per lane obtained DS ≥ 0,75 at UR 20 years from 2014 to 2034. so it need a road widening at first planning 2014 . From the analysis conducted geometric control, between the results obtained with existing data have a common (approach). Redesign over lay babat – border. Jombang regency at sta 12+000 – 15+000 street using rigid pavement (K-400) with a thick slab of concrete that is 28 cm above the flexible pavement and 31 cm on the road widening section. The subbase in the form of lean concrete mix, ie lean concrete as the work floor. The connection used is the connection Continued Without Concrete Reinforcement (BBTT) with trellis. Longitudinal joint tie bar form, in which the tie bar using a diameter of 16 mm, a distance of 750 mm, while the transverse joint (dowel) using a 25 mm diameter, a distance 305 mm . Planning drainage channel edge using a U-ditch or Precast concrete. Budget for planning Redesign over lay babat – border. Jombang regency at sta 12+000 – 15+000 is Rp33.114.000.000,-.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rigid, Retainning Wall, Drainage
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Maharditya Rizal Anamisa
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:27
Last Modified: 16 Jul 2024 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42297

Actions (login required)

View Item View Item