Pengembangan Fitur Pengelolaan Metadata Katalog Produk Pada Situs Penjualan Perangkat Lunak

Wibowo, Fahrizal Adi (2017) Pengembangan Fitur Pengelolaan Metadata Katalog Produk Pada Situs Penjualan Perangkat Lunak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100173-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5213100173-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2016, Apple App Store yang telah memiliki lebih dari 2.2 juta aplikasi dan Google Play Store memiliki lebih dari 2 juta aplikasi pada Direktori Aplikasi mereka. Dimana hal tersebut semakin mendorong lahirnya berbagai Direktori Aplikasi dari berbagai Perusahaan Teknologi sesuai dengan platform yang mereka miliki seperti Apple App Store, Google Play Store, Windows Store dll.
Hal tersebut memberikan tantangan lebih bagi Pengembang Direktori Aplikasi untuk Menyediakan maupun Mengelola Data Produk Perangkat Lunak yang terus tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang ada dan juga bagi Perusahaan Mesin Pencari (Search Engine) untuk menghasilkan pencarian yang relevan bagi penggunanya.
Tugas Akhir ini merancang Database Schema yang memungkinkan untuk dapat selalu di rubah secara dinamis dan juga memungkinkan adanya Schema & Data Versioning untuk merekam perubahan yang terjadi pada Schema & Data. Rancangan ini dibangun melalui Teknologi Laravel PHP Framework dan WYSIWYG yang bertujuan untuk memfasilitasi Pengembang dalam Mengelola Katalog Penjualan Produk Perangkat Lunak dan membantu Perusahaan Mesin Pencari dalam menginterpretasikan informasi pada sebuah halaman dengan mudah untuk dapat digunakan meningkatkan hasil pencarian bagi Pengguna. Sehingga, nantinya Pengembang tidak perlu lagi melakukan Integrasi / Migrasi Basis Data maupun Kode Program untuk mengubah Struktur Data Katalog Produk Perangkat Lunak dan juga Perusahaan Mesin Pencari dapat menghasilkan pencarian yang jauh lebih baik dan relevan bagi penggunanya dengan kemudahan dalam menginterpretasikan informasi pada sebuah halaman produk yang telah terintegrasi dengan Schema.org.
========================================================================================================================By 2016, the Apple App Store that already has more than 2.2 million apps and the Google Play Store has over 2 million apps in their App Directory. Where it is increasingly encouraging the birth of various Applications Directories from various Technology Companies in accordance with their platforms such as Apple App Store, Google Play Store, Windows Store etc.
It poses more challenges for Application Directory Developers to Provide or Manage Software Product Data that continues to grow and evolve as technology develops as well as for Search Engines to generate relevant searches for its users.
This Final Project designed a Schema Database that allows for dynamic alignment and also allows for Schema & Data Versioning to record changes that occur in Schema & Data. The design is built through Laravel PHP Framework and WYSIWYG Technology which aims to facilitate Developers in Managing the Catalog of Product Sales of the Software and assist Search Engines Companies in interpreting information on a page with ease to be used to improve search results for Users. Thus, developers will no longer need to integrate / migrate the Database or Program Code to change the Product Data Catalog Structure of the Software as well as the Search Engines Company to produce a much better and relevant search for its users with ease in interpreting information on a product page that Has been integrated with Schema.org.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metadata, Schema, Pengelolaan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: WIBOWO FAHRIZAL ADI
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:26
Last Modified: 05 Mar 2019 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42378

Actions (login required)

View Item View Item