Simulasi Perencanaan Trayek Bus Kota Surabaya Menggunakan Model Simulasi Monte Carlo

Yudhistira, Yovian (2017) Simulasi Perencanaan Trayek Bus Kota Surabaya Menggunakan Model Simulasi Monte Carlo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5212100142-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5212100142-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berkembang pesatnya ekonomi di Indonesia menjadi salah satu penyebab meningkatnya kemacetan di jalan raya. Bagi masyarakat penggunaan kendaraan pribadi tentu berperan penting dalam memenuhi kebutuhan transportasi sehari hari. Namun dengan meningkatnya pengguna kendaraan pribadi, khususnya kendaraan bermotor, justru menambahkan masalah baru yakni kemacetan di jalan raya. Hal tersebut bertolak belakang dengan harapan masyarakat yang menginginkan pengurangan tingkat kemacetan di jalan raya. Penggunaan bis dalam kota merupakan salah satu solusi terbaik dalam mengurai kemacetan di jalan raya, sebagai contoh adalah penggunaan Bus Rapid Transport (BRT) di kota Jakarta. Sedangkan untuk kota Surabaya, penggunaan bis dalam kota masih belum dilaksanakan secara maksimal, namun dengan kemacetan yang meningkat pesat setiap tahunnya penggunaan bis dalam kota secara efektif akan sangat dibutuhkan dalam waktu yang cukup dekat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat perencanaan rute trayek bis dan efektifitas pengangkutan penumpang. Oleh sebab itu pemilihan jalur transportasi serta variasi rute yang tepat bagi masyarakat adalah salah satu solusi untuk mengurangi tingkat kemacetan yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan Simulasi Monte Carlo, diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan penentuan jumlah armada yang optimal untuk trayek Suramadu – Taman Bungkul. ========================================================================================================================
Indonesia economy rapid development become one of many factor that increase the rate of traffic jam on the road. The use of personal vehicle on daily basis really helps people on fulfilling their transportation needs. However along with the increase of the number of personal vehicle, especially enginge based vehicle, become a new problem that is high traffic jam. That matter is the opposites of the people hope that wants a decrase of the traffic jam rate. The use of city bus is one of the best solution in reducing the rate of traffic jam, for example is the use of Bus Rapid Transportation in Jakarta. Meanwhile in Surabaya, the level of usage of city bus is not yet maximized, however, the rate of the traffic jam rapidly increase every year and the use of city bus effectively will be needed in near future. The use of city bus effectively can be done by making bus route planning and passanger loading effectivity. Therefore transportation route selection and the right selection of route variation for civilian are one of the solution for decreasing traffic jam rate that caused by personal vehicle. Using Monte Carlo Simulation, hopefully this research can solve the problem of determining the amount of optimum bus fleet for Suramadu – Taman Bungkul Route.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Public Transportation, Simulation, Monte Carlo
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yovian Yovian Yudhistira
Date Deposited: 21 Aug 2017 07:55
Last Modified: 05 Mar 2019 03:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42428

Actions (login required)

View Item View Item