Ekstraksi Fitur Produk Menggunakan Metode Pasangan Kata Sifat-Benda Pada Ulasan Pengguna

Anggraeni, Ariska Nur (2017) Ekstraksi Fitur Produk Menggunakan Metode Pasangan Kata Sifat-Benda Pada Ulasan Pengguna. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100140-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5213100140-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan perkembangan perusahaan e-commerce yang memberikan berbagai fasilitas kepada pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan pembelian produk. Perusahaan memberikan fasilitas berupa ulasan produk dan rating. Ulasan produk dan rating merupakan sebuah alat popular yang digunakan oleh pelanggan dalam menentukan sebuah produk yang akan dibeli. Rekomendasi berupa ulasan juga meningkatan kepercayaan bagi pelanggan terhadap produk. Sehingga beberapa produk popular mendapatkan ratusan ulasan dari pelanggan.
Namun, banyaknya ulasan yang ada pada sebuah produk membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibaca oleh pelanggan. Pada umumnya pelanggan akan mengambil poin-poin tertentu pada setiap ulasan mengenai produk yang akan dibelinya. Poin tersebut dapat berupa kondisi dan kualitas suatu produk. Semakin banyak hal tersebut disebutkan oleh beberapa pengulas, dapat menambah kepercayaan dan mempermudah pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian.
Luaran dari tugas akhir ini berupa rancang bangun prototipe sistem ekstraksi fitur produk berdasarkan ulasan produk yang diberikan oleh pelanggan. Metode yang digunakan adalah metode pasangan kata sifat-kata benda. Metode pasangan kata sifat-benda merupakan sebuah metode dimana memasangkan kata sifat dengan kata benda yang berhubungan pada ulasan. Data ulasan diperoleh dengan menggali ulasan pada sepuluh produk yang memiliki 2000 hingga 3000 ulasan. Hasil yang didapatkan dari data tersebut berupa wordcloud mengenai kondisi produk yang sering disebutkan oleh pelanggan, grafik yang mendukung hasil dari wordcloud dan sistem yang dapat membantu pelanggan dalam menentukan produk yang tepat. Pada wordcloud menampilkan pasangan kata sifat-benda dalam bentuk awan, pasangan kata yang paling sering disebutkan memiliki ukuran font lebih besar daripada yang lainnya serta, pengguna dapat melihat dengan mudah pasangan kata manasaja yang sering disebutkan. Grafik yang berada disamping wordcloud mempermudah pengguna untuk melihat lima kata yang paling sering disebutkan dengan jumlah berapa kali kata tersebut disebutkan dalam ulasan. Dari hasil tersebut maka sistem ini dapat menjadi alat bantu bagi pengguna situs belanja online dalam membuat keputusan dalam membeli secara efisien dan memberikan gambaran tentang produk yang dicari oleh pengguna melalui ulasan produk.
========================================================================================================================
Based on the development of e-commerce companies that provide various facilities to customers to increase the confidence of purchasing products. The company provides facilities in the form of product reviews and ratings. Product reviews and ratings are a popular tool used by customers in making decisions to buy a product. Recommendations in the form of reviews also increase customer confidence in the product. So some popular products get hundreds of reviews from customers.
However, the number of reviews that exist in a product takes a long time to read by the customer. In general, customers will take certain points on each review of the product to be purchased. Points can be the condition and quality of a product. The more these mentioned by some reviewers, can increase trust and make it easier for customers to make purchasing decisions.
The output of this final project is a prototype design of product feature extraction system based on product reviews provided by customers. The method used is the word-noun pairs method. The method of an adjective pair is a method by which an adjective is associated with a noun relating to the review. The review data was obtained by digging reviews on ten products that have 2000 to 3000 reviews. The results obtained from the data in the form of wordcloud about the condition of products often mentioned by customers, the graphics that support the results of wordcloud and systems that can help customers in facilitating decision making purchases. In wordcloud displays pairs of adjectives in the form of clouds, the most frequently mentioned word pairs have larger font sizes than others and, the user can easily see the commonly mentioned word pairs. The graph next to wordcloud makes it easy for users to see the five most frequently mentioned words by the number of times the words are mentioned in the review. From these results then this system can be a tool for users of online shopping sites in making decisions in buying efficiently and provide an overview of the products sought by users through product reviews.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Feature-Extraction, Customer Reviews, Opinon Mining, Adjective-Noun Word Pair, Wordcloud
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ariska Anggraeni Ariska Nur Anggraeni
Date Deposited: 21 Aug 2017 08:09
Last Modified: 05 Mar 2019 03:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42462

Actions (login required)

View Item View Item