Setyaningsih, Mia Eka (2017) Evaluasi Implementasi Proses Bisnis Pelayanan Jasa Kapal PT XYZ Dengan Menggunakan Process Mining. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5213100018-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Semua perusahaan dalam dunia industri sekarang ini mulai berkembang baik dari aspek proses bisnis yang dijalankan maupun aspek lainnya. Perusahaan yang memiliki proses bisnis yang telah terdefinisi dengan baik dimungkinkan dapat menjalankan bisnisnya dengan efektif dan efisien. Pada praktiknya, proses bisnis yang dieksekusi kemungkinan berbeda dengan proses bisnis yang telah didefinisikan sebelumnya. Selain itu, capaian proses bisnis terhadap kinerja perlu dievaluasi untuk mencari celah untuk peningkatan kinerja bisnis yang berkelanjutan.
PT XYZ merupakan salah satu perusahaan BUMN di bidang transportasi khususnya transportasi laut. PT XYZ memiliki berbagai macam proses bisnis terkait pelayanan kapal, pelayanan jasa barang, jasa layanan peti kemas dan jasa pelayanan bongkar muat barang. Setiap proses yang terjadi saling berkaitan satu sama lain menjadi suatu alur model bisnis yang ideal menurut perusahaan.
Meskipun pelaksanaan proses pelayanan kapal telah terotomasi dengan adanya sistem informasi, namun perlu dilakukan pengukuran kinerja atau evaluasi terhadap pelaksanaan dari tiap aktivitas dalam proses bisnis untuk mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan perbaikan. Sampai saat ini di PT XYZ belum pernah mengevaluasi pelaksanaan aktivitas proses bisnis pelayanan jasa kapal. Untuk itu diperlukan suatu teknik evaluasi proses bisnis yang terjadi di PT XYZ.
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi proses bisnis pelayanan jasa kapal yang ada di PT XYZ. Teknik evaluasi proses bisnis yang digunakan adalah dengan Business Process Management (BPM) menggunakan metode process mining yang bertujuan untuk menganalisa perbedaan rata-rata waktu pada kapal yang mentaati prosedur dan yang tidak, perbedaan rata-rata waktu Kapal luar negeri dan Dalam negeri, perbedaan rata-rata durasi waktu antar layanan aktivitas yang diminta oleh agen kapal, dan perbedaan rata-rata durasi waktu berdasarkan urutan aktivitas yang dilakukan serta mencari faktor penyebab terjadi lamanya proses tersebut. Dengan adanya evaluasi ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada PT XYZ terkait dengan aktivitas-aktivitas yang sudah berjalan sesuai target dan area yang masih perlu ditingkatkan.
=================================================================
All the companies in industry today are starting to develop business process from aspect that are it run as well as others aspect. Companies that have well-defined busniness processes are enable to run their business effectively and efficiently. In practice, executed business processes may different from pre-defined business processes. In addition, business process performance achievements need to be evaluated to find loopholes for improving sustainable business performance.
PT XYZ is one of the state-owned enterprises in the field of transportation, especially sea transportation. PT XYZ has a wide range of business processes related to ship service, goods service, container service and goods loading and unloading services. Each process that occurs interrelated to each other into an ideal business model flow according to the company.
Although the implementation of the ship service process has been automated with the information system, it is necessary to measure performance or evaluate the implementation of each activity in the business process to identify the possibility of improvement. Until now, PT XYZ has never evaluated the implementation of ship service business process activities. For that required a technique of business process evaluation that occurred in PT XYZ.
This final project aims to evaluate the business process of ship service in PT XYZ. The business process evaluation technique is used Business Process Management (BPM) using process mining method which aims to analyze the mean difference of time on ship that adheres to procedure and which is not, the mean difference of the ship outside Domestic and domestic, the average difference between the duration of service activity requested by the ship's agent, and the difference in time duration based on the sequence of activities undertaken as well as to find the cause factor for the duration of the process. With this evaluation is expected to provide input to PT XYZ is related to the activities that have been running according to the target and areas that still need to be improved.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 006.312 Set e |
Uncontrolled Keywords: | evaluasi proses bisnis, proses bisnis, bpm, process mining, event log, business process evaluation, business process, process mining |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mia Eka Setyaningsih |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 01:26 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 03:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/42477 |
Actions (login required)
View Item |