Analisis Perbandingan Sistem Ganda dan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus pada Desain Struktur Hotel Ammeerra Jakarta

Ambarwati, Yuniar Dwi (2017) Analisis Perbandingan Sistem Ganda dan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus pada Desain Struktur Hotel Ammeerra Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3116040516-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3116040516-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pada tugas akhir ini menggunakan bangunan gedung Hotel Ammeerra di Jalan Kebon Sirih 37 Jakarta Pusat. Bangunan gedung ini direncanakan ulang dengan dan tanpa dinding geser pada wilayah gempa khusus dengan menggunakan program SAP 2000. Hal ini bertujuan untuk membandingkan biaya pada desain struktur dengan menggunakan sistem ganda dan sistem rangka pemikul momen khusus. Tujuan lain dalam tugas akhir ini yaitu untuk menentukan penggunaan sistem struktur yang efisien pada perencanaan Hotel Ammeerra Jakarta. Desain struktur bangunan gedung ini diharapkan dapat memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan terutama dalam menahan gaya akibat gempa. Perancangan bangunan gedung ini berdasarkan Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung (SNI 03-2847-2013). Dan juga untuk gempa berdasarkan pada Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI 03-1726-2012). Dalam perencanaan ini, tahapan perencanaan dimulai dari menentukan data-data dasar perencanaan dan pembebanan struktur. Pembebanan ditentukan berdasarkan denah lantai dan fungsi bangunan gedung yang akan dipakai. Semua perhitungan pembebanan berdasarkan Beban Minimum untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain (SNI 03-1727-2013), serta peraturan penunjang lainnya yang berlakus di Indonesia. Selain itu, dalam perencanaan ini juga merencanakan metode pelaksanaan basement.
============================================================
Hotel Ammeerra on Kebon Sirih Road No.37 Central Jakarta is used for this final assignment. This building is redesigned with and without shear wall on special earthquake area using SAP 2000 program. It aims for the cost comparison between design by using multiple system and special moment bearer frame system. The other purpose of this final assignment is to determine which designs are more efficient for Hotel Ammeerra Jakarta. The design structure of this building is expected to meet the security and comfort requirements, especially in resisting forces caused by the earthquake. The design of this building based on Structural Concrete Requirements for Building Building (SNI 03-2847-2013). And also for earthquake based on Earthquake Resistance Planning Procedures for Building Structure and Non Building (SNI 03-1726-2012). In this planning, the planning stage starts from determining the basic data of planning and loading of structure. Loading is determined based on the floor plan and the function of the building that will be used. All loading calculations based on Minimum Expense for Building Design and Other Structure (SNI 03-1727-2013), and other supporting regulations applicable in Indonesia. In addition, in this plan also planned the method of implementation of the basement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus, sistem ganda, bangunan gedung bertingkat tinggi, perbandingan, Special Moment Resisting Frame System, dual system, High Rise Building, comparison
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Yuniar Dwi Ambarwati
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:26
Last Modified: 23 Aug 2017 02:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42553

Actions (login required)

View Item View Item