Arini, Sinta Ria (2017) Model Pemilihan Rute Antara Jalan Tol Dengan Jalan Nasional Ngawi-Kertosono Menggunakan Metode Kurva Diversi. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3113041082-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (31MB) | Preview |
Abstract
Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia dengan luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya melebihi 50 juta jiwa. Jawa Timur dilintasi oleh jalan nasional lintas tengah yang salah satu ruasnya adalah jalan nasional Ngawi-Kertosono. Semakin hari pengguna jalan yang melalui ruas jalan Ngawi-Kertosono semakin meningkat. Akibat hal tersebut, dibeberapa titik ruas jalan mengalami kemacetan sehingga waktu tempuh ruas jalan tersebut pun semakin lama. Kemacetan memberi dampak negatif seperti kerugian waktu dan biaya operasi kendaraan karena kecepatan perjalanan yang rendah. Proyek jalan tol Ngawi-Kertosono adalah bagian dari jalan tol lintas tengah Pulau Jawa dengan panjang 87,018 km sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan yang terjadi. Dengan dibangunnya jalan tol Ngawi-Kertosono, maka perjalanan masyarakat Ngawi-Kertosono ataupun sebaliknya mempunyai dua alternatif yaitu melalui jalan tol atau jalan non tol. Akibat keadaan tersebut maka dirasa perlu untuk menganalisa pengguna jalan dalam melakukan pemilihan rute dan dampaknya terhadap biaya operasional kendaraan dan nilai waktu.
Dalam menganalisa pemilihan rute melalui jalan tol atau jalan non tol digunakan metode kurva diversi. Dalam metode kurva diversi terdapat model JICA, model Logit – Binomial dan Regresi – Pengali. Model-model tersebut digunakan untuk mengetahui nilai probabilitas masyarakat terhadap pemilihan rute melalui jalan tol dalam keadaan seimbang serta mengetahui bentuk model pemilihan rute. Namun sebelum itu dilakukan perhitungan derajat kejenuhan, biaya operasional kendaraan (BOK) dan nilai waktu pada jalan nasional sebelum dan sesudah adanya jalan tol Ngawi-Kertosono. Perhitungan tersebut menggunakan rumus-rumus yang terdapat dalam buku referensi yang digunakan dan data-data yang didapatkan melalui survey maupun literatur.
Hasil dari analisa data mengenai total penghematan biaya operasi kendaraan Ngawi-Kertosono sebesar Rp 1.747.902.677.961,-/tahun sedangkan total penghematan nilai waktunya sebesar Rp 335.308.256.032,-/tahun. Lalu probabilitas pemilihan rute tahun 2017 golongan I sebesar 61,75-92,40%, golongan II sebesar 71,19-97,61%, golongan III sebesar 66,89-95,27%, golongan IV sebesar 29,95-100% dan golongan V sebesar 95,27-100%. Sedangkan bentuk model golongan I adalah P = 1 ÷ (1 + 0,2397x-0,736) dengan R2 0,949, model golongan II adalah P = 1 ÷ (1 + 0,1258x-1,126) dengan R2 0,929, model golongan III adalah P = 1 ÷ (1 + 0,1826x0,8789) dengan R2 0,702, model golongan IV adalah P = 1 ÷ (1 + 27,574x15,493) dengan R2 0,864, dan model golongan V adalah P = 96,216x0,0104 dengan R2 0,970. Hasil probabilitas dan pemilihan model dipilih berdasar perhitungan yang memiliki R2 terbesar.
=================================================================
East Java is a province of Indonesia and located in estern Java Island
. It covers an area of 47.922 km2
and there were more
than 50 millions people. East Java
has a Middle National Road
that one part of them is Ngawi
-
Kertosono
National
Road
.
Everyday, vehicle pass by
Ngawi-Kertosono
National
Road
increasingly.
The consequence is
traffic congestion
then trav
el time
in that road
is longer
.
Traffic congestion give negative impacts like
wasting time and vehicle operation cost due to slower
-
moving
vehicle.
Ngawi
-
Kertosono Toll Road project is a part of Middle
Toll Road in Java Island with 87,018 km as a solution
to decrease
traffic congestion
. Because of that project, people has two
alternative way using toll
or national road now.
As a result,
the
writer need to analyze road user on route choice and the impact of vehicle operation cost
and travel time.
Analyzing trip assignment model
between toll road or
national road is used diversion curve method. That method has
some model. The model of diversion curve method are JICA model,
Binomial Logit
model and
Multiplicative-Regression model. The models are used to get probability value and trip assignment model
in balance condition as a result of choosing that route.
First calculation is
degree of saturation
that is continued by vehicle
operation cost (VOC) and travel time between national road without
and with toll project.
The calculation use formulas which
are gotten from reference book and datas from surveying or
literature.
The results of vehicle operation cost saved analyzing in Ngawi-Kertosono is Rp 1.747.902.677.961,
-
/year and time values
aved is
Rp 335.308.256.032,
-
/
year
. Then probability of trip
assignment model in 2017;
Class I has 61,75
-
92,40%, Class II has
71,19
-
97,61%
,
Class III
has
66,89
-
95,27%,
Class IV
has
29,95
-
100%
and
Class V has
95,27
-
100%.
Whereas model formula of
Class
I
is
P = 1 ÷ (1 + 0,2397x
-
0,736
)
with
R
2
0,949,
Class II model
is
P = 1 ÷ (1 + 0,1258x
-
1,126
)
with
R
2
0,929,
Class III model is
P =
1 ÷ (1 + 0,1826x
0,8789
)
with
R
2
0,702,
Class IV model is
P = 1 ÷ (1
+ 27,574x
15,493
)
with
R
2
0,864,
and Class V model is
P = 96,2 16x
0,0104
with R2 0,970. The results of probability and trip
assignment model are choosen by calculating which has biggest R2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan rute, Kurva diversi, Biaya operasi kendaraan, Nilai waktu, Derajat kejenuhan, Trip Assignment, Diversion curve, Vehicle operation cost, Time value, Degree of saturation |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4 |
Depositing User: | SINTA RIA ARINI |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 05:11 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:36 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/42878 |
Actions (login required)
View Item |