Modifikasi Desain Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) STA 6+000 s.d STA 9+000 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Menggunakan Perkerasan Kaku

Elfaziarni, Nella and Murdiansyah, Feggy Eka (2017) Modifikasi Desain Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) STA 6+000 s.d STA 9+000 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Menggunakan Perkerasan Kaku. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030089-3114030123-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030089-3114030123-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Surabaya juga sebagai ibukota provinsi Jawa Timur, dengan penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa lebih. Hal ini menjadikan kota Surabaya sebagai pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia. Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang jasa, industri, dan perdagangan. Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Surabaya. Oleh karena itu, pemerintah kota Surabaya membuat rancangan masterplan jalan lingkar luar timur (Outer East Ring Road) untuk mengatasi kemacetan, memperlancar distribusi barang dan jasa, sehingga dapat meningkatkan perekonomian, kesejahteraan dalam kehidupan sosial di masyarakat, serta menambah akses dalam transportasi khususnya masyarakat yang tinggal di komplek Pakuwon City.
Desain jalan Lingkar Luar Timur Surabaya ini menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) pada main road dengan umur rencana (UR) 20 tahun karena kapasitas jalan diharapkan dapat menampung volume kendaraan yang melawati. Awal umur rencana pada tahun 2019 karena dilakukan tahap persiapan dan pembangunan selama 2 tahun dari 2017, sehingga akhir umur rencana terjadi pada tahun 2038. Desain jalan Lingkar Luar Timur meliputi analisa kapasitas jalan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, kontrol geometrik jalan berdasarkan Geometrik Jalan RSNI T-14-2004 dan Geometrik Jalan Bebas Hambatan untuk Jalan Tol Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Perencanaan tebal perkerasan kaku berdasarkan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen SNI Pd T-14-2003, perencanaan drainase berdasarkan Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03-3424-1994, serta menyusun metode pelaksanaan secara umum yang akan digunakan dan menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan ini berdasarkan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Surabaya 2016.
Dari hasil perhitungan desain jalan Lingkar Luar Timur Surabaya direncanakan memiliki 2 jalur 6 lajur terbagi dengan nilai kapasitas sebesar 6983 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) < 0,75. Untuk umur rencana 20 tahun pondasi bawah menggunakan Campuran Beton Kurus (CBK) sebesar 10 cm dan tebal perkerasan beton sebesar 30 cm tanpa tulangan. Dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk proyek pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur STA 6+000 s.d STA 9+000 sebesar Rp 76.015.467.343,48
(Terbilang Tujuh Puluh Enam Milyar Lima Belas Juta Empat Ratus Enam Puluh Tujuh Ribu Tiga Ratus Empat Puluh Tiga Koma Empat Puluh Delapan Rupiah)
=================================================================
Surabaya is one of the major cities in Indonesia. Surabaya is also the capital of East Java province, with its metropolitan population of more than 3 million. This makes the city of Surabaya as a business center, trade, industry, and education in the region of Indonesia. Most of the population is engaged in services, industry and trade. Many large companies are headquartered in Surabaya. Therefore, the city government of Surabaya made the master plan of Outer East Ring Road to overcome the congestion, expedite the distribution of goods and services, so as to improve the economy, prosperity in social life in the community, and increase access in transportation, especially the community Living in the Pakuwon City complex.
The Outer East Ring Road design use rigid pavement on the main road with a 20 years design life because the road capacity can accommodate the volume of passing vehicles. The Start of design life in 2019 because of the preparation and development phase for 2 years from 2017, so the end of design life in 2038. The Outer East Ring Road design includes the capacity analysis based on Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, road geometric control based on Geometrik Jalan RSNI T-14-2004 dan Geometrik Jalan Bebas Hambatan untuk Jalan Tol Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Rigid pavement planning based on Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen SNI Pd T-14-2003, drainage planning based on Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03-3424-1994, as well as formulate general implementation methods that will be used and calculate the budget plan of the project based on Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Surabaya 2016.
From the calculation Outer East Ring Road design Surabaya is set to have 2 lanes 6 rows divided with the value of capacity 6983 smp/hour and degree of saturation (DS) < 0,7. For a 20 years design life the base foundation uses Campuran Beton Kurus (CBK) of 10 cm and rigid pavement thickness of 30 cm without reinforcement. And the cost budget paln required for Outer East Ring Road project STA 6+000 s.d STA 9+000 is IDR 76.015.467.343,48 (Spelled Seventy Six Billion Fifteen Million Four hundred Sixty Seven Thousand Tree Hundred Forty Three Command Forty Eight Rupiah)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya, Perkerasan Kaku, Outer East Ring Road of Surabaya, Rigid Pavement
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Nella -
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:37
Last Modified: 05 Mar 2019 06:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42902

Actions (login required)

View Item View Item