Pusat Komunitas Tunarungu: Mata yang Mendengar

Devansari, Cinthia Sofie (2017) Pusat Komunitas Tunarungu: Mata yang Mendengar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3212100028-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3212100028-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tunarungu adalah seseorang yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian atau seluruhnya yang diakibatkan karena tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengarannya. Dengan kekurangan tersebut tunarungu sering mengalami permasalahan dalam bermasyarakat, mencari pekerjaan dan menggunakan fasilitas umum. Hal-hal tersebut tidak dapat dihindari mengingat masih banyaknya persepsi negatif dari masyarakat, yang akhirnya menimbulkan adanya diskriminasi terhadap tunarungu. Tak hanya itu, perihal sarana dan prasarana untuk tunarungu juga menjadi faktor dibalik itu semua. Dan pada akhirnya permasalahan-permasalahan tersebut mempengaruhi kualitas hidup tunarungu, dimana para tunarungu memiliki kualitas hidup yang buruk karena merasa dikucilkan, tidak dianggap dan tunarungu juga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan finansialnya. Padahal sebagai umat manusia para tunarungu berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, sama seperti manusia normal lainnya.
Pada perancangan kali ini, akan membahas mengenai fasilitas yang mampu membantu para tunarungu dalam mendapatkan kehidupan yang layak. Dimana fungsi utama bangunan ini adalah pusat pelatihan minat dan bakat. Dan diharapkan nantinya para tunarungu dapat diterima masyarakat karena mampu menunjukan keahliannya dan dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya, sehingga dengan demikian para tunarungu akan mendapatkan kehidupan dengan kualitas yang lebih baik.
==============================================================================================
Hearing impaired person is someone who suffers from hearing loss or inability to hear caused by hearing system dysfunction either in partial or total. This disability causes them trouble in the society, difficulty in employment, and inconvenience in using public facilities. These cannot be avoided considering the negative perceptions the society has, which results in discrimination of hearing impaired people. The facilities and infrastructures are also the factors behind it all. Eventually, all of those affect their quality of life causing them to have low levels of it, because they feel outcast, underappreciated, and hard to make ends meet. In fact, as human beings, they deserve to live a decent life as other normal people.
This design discusses about a facility that capable of helping the hearing impaired people to obtain their proper life. In which the main function of the building is talent and skill training centre. They are expected to be accepted in the society for being able to show their ability and get the corresponding job for it, so that these people can live a better life.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 725.54 Dev p-1
Uncontrolled Keywords: Tunarungu, Kualitas Hidup, Bermasyarakat, Pekerjaan, Fasilitas Umum, Diskriminasi, Minat dan Bakat
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Devansari Cinthia Sofie
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:14
Last Modified: 05 Mar 2019 06:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42943

Actions (login required)

View Item View Item