Penerapan Pola Perancangan Dan Pengukuran Kualitas Pada Sistem Informasi Akademik: Studi Kasus Modul Pembelajaran

Nuswantara, Prasetya Gilang (2017) Penerapan Pola Perancangan Dan Pengukuran Kualitas Pada Sistem Informasi Akademik: Studi Kasus Modul Pembelajaran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100104-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
5113100104-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sistem Infromasi Akademik adalah sistem yang dibuat untuk membantu proses bisnis kegiatan akademik. Dalam penerapan sistem informasi akademik, kualitas perlu diperhatikan. Kualitas mempengaruhi performa dari sistem informasi akademik.
Salah satu cara untuk menghasilkan kualitas Sistem Informasi Akademi yang baik adalah dengan membuat rancangan perangkat lunak yang baik dan benar dengan menggunakan pola perancangan. Namun penerapan pola perancangan pada sistem informasi akademik masih dalam tahap penerapan langsung tanpa ada analisis penerapan dan pemilihan pola perancangan dengan kualitas perangkat lunak. Selain itu, kualitas yang dimaksud juga belum jelas.
Untuk memberikan analisis dan rekomendasi atas masalah kualitas dengan penerapan pola perancangan, pada tugas akhir ini akan dibahas analisa pengaruh pola perancangan terhadap kualitas sistem informasi akademik. Untuk standar kualitas yang digunakan adalah ISO 25010 dan ISO 25023 dengan karakteristik kualitas Maintainability. Pola perancangan yang akan diterapkan adalah kelompok Domain Logic.
Analisis penerapan pola perancangan menghasilkan kesimpulan bahwa setiap penerapan pola perancangan pada domain logic akan menghasilkan kualitas maintenability yang berbeda. Dari empat pola perancangan pada domain logic, pola perancangan transaction script mendapatkan nilai sub-kualitas modularity terbaik dengan nilai 0,813. Pola perancangan service layer mendapatkan nilai sub-kualitas reusability terbaik dengan nilai 0,693 sedangkan untuk sub-kualitas analyzability dan testability tidak didapatkan pola perancangan terbaik karena kedua sub-kualitas tersebut tidak dipengaruhi pola perancangan domain logic. =================================================================
Academic Information System is system who created to help business process of academic activities. Every Academic Information System mush have good quality because quality influence sistem performance.
To create better quality of academic information system, we can create good system design with implementing design pattern. But, nowdays there is no reference to implementationting and choosing design pattern for develop Academic Information System. The meaning from quality also can’t be descript well.
In this experiment, we will give analysis and recommendation to implementing and choosing design pattern to get better quality of Academic Information System. Quality standarts who will be used are ISO25010 and ISO25023 in Maintainability Characteristic. Design pattern who will be implement is Domain Logic Group.
Analysis of implementing design pattern give conclusion than choose different domain logic design pattern will give different maintenability quality. Transaction script gets 0.813 poin on modularity poin and make it the best of modularity sub-quality. Service layer gets biggest poin with 0.693 poin on reusability sub-quality. Analyzability and testability do not have best domain logic pattern because both of them not affected by domain logic pattern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.740 68 Nus p
Uncontrolled Keywords: sistem informasi akademik, kualitas perangkat lunak, pola perancangan, Domain Logic, Academic Information System, Software Quality, Design Pattern
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nuswantara Prasetya Gilang
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:44
Last Modified: 06 Mar 2019 03:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43244

Actions (login required)

View Item View Item